Dilantik, Anies-Sandi Sah Jadi Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta

0
473

www.depoktren.com– Anies dan Sandi dikirab dari Istana Merdeka ke Istana Negara untuk pelantikan oleh Presiden Jokowi. Anies dan Sandi berjalan di depan, mengapit Presiden Jokowi dan Wapres Jusuf Kalla.

Sesampai di Istana Negara, langsung dimulai dengan acara pelantikan. Anies-Sandil berdiri berjajar di depan, sementara tamu undangan sudah siap semua.

Acara dimulai dengan dimulai menyanyikan lagu Indonesia Raya. Dilanjutkan dengan pembacaan petikan Surat Keputusan Presiden soal pemberhentian Gubernur lama dan Pelantikan Anies dan Sandi sebagai Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta,

Berikutnya Presiden tampil untuk membacakan sumpah dan janji untuk diikuti oleh Anies dan Sandi. Setelah Peresiden menanyakan agama, dan keduanya menjawab Islam, maka Jokowi meminta keduanya untuk mengikuti bacaan sumpah dan janji tersebut. Saat sampai kata-kata Undang-undang Dasar 1945, Presiden Jokowi sempat mengulangi, karena Anies menirukannya kurang lengkap.

“Demi Allah, kami akan memenuhi kewajiban saya, sebagai Gubernur (ditirukan Anies), sebagai Wakil Gubernur (ditirukan Sandi), dengan sebaik-baiknya, dan seadil-adilnya; memegang teguh Undang-undang Negara Republik Indonesia, (Jokowi mengulangi karena Anies kurang lengkap saat menirukan) Saya ulangi, Undang-undang Dasar Negara Republik Indonesia tahun 1945, dan menjalankan segala Undang-undang dan peraturannya, dengan selurus-lurusnya, serta berbakti kepada maysarakat, nusa dan bangsa.”

Setelah itu, protokol mengarahkan untuk persiapan penandatanganan berita acara pelantikan Gubrnur dan Wakil Gubernur. Anies tampil ke depan, Presiden Jokowi juga ke meja untuk penandatanganan. Anies berikan hormat, lalu melakukan tanda tangan di meja. Berikutnya Presiden menanda tangani. Anies berikan hormat dan mundur beberapa langkah.

Giliran Sandiaga Salahudin Uno memberi hormat, maju untuk melakukan tanda tangan. Presiden juga meneken di lembar lain. Usai itu, Sandi memberi hormat, dan mundur beberapa langkah.

Presiden kembali ke tempat semula. Kembali lagui Indonesia Raya berkumandang. Anies dan Sandi selama menyanyikan algau Indoinesia Raya melakukan dalam sikap hormat.

Maka, tuntas sudah acara, sah Anies dan Sandi sebagai Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta untuk masa bakti 2017-2022.

Acara Berikutnya, Presiden memberi selamat dan sejenak foto bersama dengan Anies Sandi. Presiden didampingi Ibu Negara Iriana Jokowi. Ucapan selamat kemudian datang dari Wapres JK. Yang menarik, Ibu Mufidah Jusuf Kalla tidak tampak untuk memberi selamat, diikuti para menteri kabinet. Tampilnya Ketua DPR Setya Novanto mendapat perhatian banyak orang. (Supri)

 473 total views

LEAVE A REPLY