Jalan Lingkungan di Abadijaya Disulap Jadi Media Kreatifitas

0
863

www.depoktren.com–Ketua Karang Taruna (Katar) RW 03 Kelurahan Abadijaya, Sukmajaya, menyalurkan ide kreatifitasnya dalam membuat gambar 3D melalui jalan lingkungan. Gambar yang dibuat tersebut juga memiliki pesan sosial bagi para pengendara kendaraan bermotor saat melintas.

Ketua Katar RW 03 Muhammad Nur Alam menjelaskan, ide yang dibuatnya tersebut berawal ketika jalan lingkungan tersebut diperbaiki. Seluruh anggota karang taruna menilai jalan tersebut bisa digunakan untuk menyalurkan ide kreatif yang dimiliki.

“Gambar yang kami buat merupakan konsep bersama, trick art yang kami buat pun secara tidak langsung memberikan pesan sosial,” tuturnya, Senin (16/10/2017).

Adapun gambar yang dibuat, sambungnya, meliputi zebra cross sebagai penghubung gang ke kantor RW, gambar jurang yang posisinya sebelum zebra cross sebagai tanda agar pengendara berhati-hati, dan gambar tangga yang melekat pada rumah warga. Selain itu juga terdapat gambar karpet terbang yang menandakan media penyambutan tamu. Gambar tersebut berada di dekat kantor RW karena banyak kegiatan warga berada di tempat tersebut, sehingga gambar dimaksud untuk menyambut para tamu.

Dia juga menambahkan, untuk di jalan lingkungan RW 03 juga terdapat gambar dadu besar. Gambar dadu tersebut sengaja dibuat agar pengendara sedikit memperlambat kecepatannya. Bukan itu saja, terdapat gambar lubang yang terbuat dari batu bata yang berada setelah polisi tidur. Gambar tersebut dimaksud agar pengendara mengurangi kecepatan berkendaranya karena melihat lubang.

“Gambar yang kami buat seluruhnya mempunyai makna yang berbeda-beda, tentunya dengan tujuan yang baik,” tambah Muhammad Nur.

Untuk dana membuat gambar ini, sambungnya, seluruhnya menggunakan dana yang berasal dari kas karang taruna. Dana kas ini berasal dari urunan rutin para anggota dan donasi dari masyarakat sekitar. Untuk proses pembuatan sendiri memakan waktu selama lima hari. Melalui karya ini, Muhammad Nur berpesan kepada generasi muda di Kota Depok untuk selalu melakukan hal positif dimulai dari lingkungan tempat tinggal.

“Dan jangan pernah takut untuk mencoba berkreatifitas. Sebab, karya anak muda bisa mengguncang dunia,” pungkasnya. (Meidya/depok.go.id)

 863 total views

LEAVE A REPLY