Dinas PUPR Depok, Antisipasi Banjir, Keruk Sejumlah Kali

0
459

www.depoktren.com–Dinas Pekerjaan Umum Penataan Ruang (PUPR) Kota Depok, mengeruk sejumlah anak kali dangkal dan penuh lumpur di 11 kecamatan di Kota Depok. Hal itu dilakukan untuk mengantisipasi banjir maupun luapan air saat hujan.

“Saat ini memang kami sedang fokus lakukan kegiatan pengerukan lumpur dan sampah atau normalisasi kali untuk mengantisipasi banjir di musim penghujan,” ujar Kepala Dinas PUPR Depok, Manto, Sabtu (21/10/2017).

Manto mengutarakan, salah satu kegiatan pengerukan lumpur yang saat ini sedang dilakukan di Kali Enggram, Kelurahan Sawangan Baru, Kecamatan Sawangan dengan menggunakan alat berat mini . 

“Kami juga berharap warga atau masyarakat tidak seenaknya membuang sampah ke kali atau anak kali agar air lancar mengalir,” harapnya. 

Sementara itu, warga RW 01, Rawageni, Kelurahan Ratu Jaya, Kecamatan Pancoran Mas,
mengapresiasi bantuan alat berat dari Dinas PUPR Depok. “Dengan bantuan alat berat tersebut, normalisasi saluran jadi lebih mudah dilakukan warga,” kata Ketua RW 01 Rawageni, Jaelani.

Diungkapkan Jaelani, saat ini pihaknya sedang melakukan pelebaran sungai uangan (balong) yang sudah menyempit. Lebarnya sudah hampir tiga meter dengan kedalaman satu meter. 

Alat berat rencananya akan digunakan selama tujuh hari, untuk menormalisasi dua saluran sepanjang 400 meter yang menghubungkan antara Pondok Terong mengarah ke Pitara. “Pengerukan ini dilakukan untuk mengantisipasi banjir,” pungkas Jaelani. (Meidya)

 459 total views

LEAVE A REPLY