Ciptakan Suasana Asri, Balai Kota Depok akan Dilengkapi KRPL

0
500

www.depoktren.com–Untuk menciptakan suasana hijau dan asri di Balai Kota Depok rencananya akan dibangun Kawasan Rumah Pangan Lestari (KRPL) percontohan tepat di samping Kantor TP PKK Kota Depok.

“Sudah kami siapkan lahannya, saat ini sedang tahap pengerjaan. Lokasinya ada di samping Kantor TP PKK, nantinya akan diperluas hingga ke lahan bekas kantin. Kami maksimalkan lahan yang ada, sebagai percontohan bagi masyarakat bahwa KRPL juga bisa diterapkan di rumah atau wilayah masing-masing,” ujar Kepala Bidang Ketahanan Pangan dan Hortikultura Dinas Ketahanan Pangan Pertanian dan Perikanan (DKPPP) Kota Depok, Hermin Kusmiati, di Balai Kota Depok, Senin (23/10/2017).

Diutarakan Hermin, nantinya lahan seluas kurang lebih 300 meter tersebut akan ditanami berbagai jenis tanaman seperti sayuran, tanaman buah-buahan dan Tanaman Obat Keluarga (Toga). Untuk ragamnya, saat ini pihaknya masih mengkaji tanaman yang cocok ditanami di lahan Balai Kota Depok.

“Nantinya, lahan akan diisi oleh tanaman hias, sayuran dan berbagai tanaman Toga. Jenisnya masih dikaji, yang jelas mudah-mudahan November 2017 mendatang seluruh lahan sudah terisi tanaman. Saat ini yang sudah ada, adalah vertikal garden tanpa media tanah, kami hanya beri nutrisi air untuk sirkulasinya,” jelas Hermin.

Menurut Hermin, pihaknya, nantinya untuk pengelolaan dan pemanfaatan lahan, sepenuhnya diserahkan kepada Pokja III PKK. DKPPP hanya menyediakan bibit dan landscape. Untuk teknologinya, DKPPP telah memberikan pelatihan kepada Pokja PKK.

“Untuk pengelolaan, pemanfaatan kami serahkan sepenuhnya ke PKK. Kami hanya memfasilitasi alat dan berbagai pelatihan sebelumnya. Bantuan bibit juga akan kita maksimalkan hingga akhir tahun 2017 ini. Mudah-mudahan KRPL ini bisa jadi percontohan bagi masyarakat yang berkunjung ke Balai Kota,” pungkas Hermin. (Meidya)

 500 total views

LEAVE A REPLY