Disrumkim Depok Rampungkan Pembangunan Septictank untuk 793 KK

0
389

www.depoktren.com–Dinas Perumahan dan Permukiman (Disrumkim) Kota Depok telah merampungkan pembangunan septictank bagi 793 kepala keluarga (KK) yang tersebar di 11 kecamatan di Kota Depok. “Pembangunan yang dimulai sejak September 2017 tersebut, membutuhkan anggaran sebesar Rp 8 miliar,” ujar Kepala Bidang Permukiman Disrumkim Kota Depok, Herry Restu Gumelar di Balai Kota Depok, Rabu (25/10/2017).

Herry mengatakan, pembangunan septictank  diprioritaskan bagi warga kurang mampu yang belum memiliki tempat penampungan tinja. Sebab, sesuai data yang ada, masih banyak warga di Kota Depok yang belum memiliki septictank yang layak.

“Masih banyak warga di Kota Depok terutama yang tinggal di daerah perbatasan, belum memiliki septictank yang layak. Masih banyak juga yang menggunakan koya,” terangnya.

Dia enambahkan, berdasarkan data Survei Penilaian Risiko Kesehatan Lingkungan (Environmental Health Risk Assessment/EHRA), sebanyak 11.694 KK akan menjadi prioritas pembangunan septictank. Dari jumlah tersebut, terbanyak berada di Kecamatan Sawangan,  Kecamatan  Bojongsari, dan Kecamatan Cipayung.

“Database warga terus dikumpulkan di lapangan dan rencananya di kawasan yang padat penduduk dan tidak memiliki septictank akan dilakuan pembanguan dengan target yang sudah ditetapkan tahun 2021,” tutur Herry.

Kepala Disrumkim Depok, Wijayanto mengatakan, pembangunan septictank ini sebagai salah satu upaya mewujudkan konsep 100-0-100 yang dicanangkan oleh pemerintah, yaitu 100 persen akses universal air minum dan sanitasi, serta 0 persen pemukiman kumuh.

“Kami ngin mewujudkan Kota Depok yang bersih dan sehat. Tidak hanya kotanya saja yang sehat tetapi masyarakatnya juga harus sehat,” tutur Wijayanto. (Meidya)

 389 total views

LEAVE A REPLY