Batik Depok akan Dikembangkan

0
1151

www.depoktren.com–Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kota Depok berencana mengembangkan batik khas Depok. “Guna mendukung rencana itu, kami akan melakukan seleksi batik hasil produksi UKM Depok terlebih dahulu untuk memunculkan batik baru khas Depok,” kata Ketua Dekranasda Kota Depok, Elly Farida, di Gedung Dekranasda Balai Kota Depok, Jumat (1/12/2017).

Diutarakan Elly, pihaknya menyeleksi lagi untuk terbitnya batik-batik baru, baik yang ada di Dekranasda Depok atau yang dihasilkan oleh UKM. “Kita juga ingin mengakomodir dari pembatik yang ada di Kota Depok, nanti kita sepakati apakah mereka dapat menyerahkan ke kita atau seperti apa,” ujarnya.

Menurut Elly, batik yang diseleksi tersebut berdasarkan lomba sayembara batik pada tahun 2017. Batik-batik hasil seleksi tersebut nantinya akan dipatenkan dengan mendaftarkan kepada Kementerian Hukum dan HAM Bidang Hak Atas Kekayaan Intelektual (HAKI).

“Nanti batik-batik hasil seleksi tersebut akan dipatenkan dengan mengurus HAKI, guna menghindari klaim dari pihak tertentu. Sebelumnya kita sudah mempatenkan 10 batik asal Depok,”jelasnya.

Elly menambahkan, lewat seleksi tersebut diharapkan dapat melestarikan batik sebagai warisan budaya, khususnya batik asal Kota Depok. “Kita harapkan batik-batik yang telah diseleksi ini nantinya bisa menjadi representasi dari Kota Depok,” tandas Elly. (Meidya)

 1,154 total views

LEAVE A REPLY