Disdik Depok Tekankan Pentingnya Pendidikan Karakter

0
711

www.depoktren.com–Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Depok Mohammad Tharin menekankan pentingnya pendidikan karakter yang diberikan guru terhadap para siswa di Kota Depok. Menurutnya, penguatan pendidikan karakter terhadap siswa harus menjadi fondasi dan ruh utama dalam setiap tingkat pelaksanaan pendidikan.

“Tujuan pelaksaan pendidikan pada dasarnya merupakan pembinaan budi pekerti, karakter, atau akhlak ini yang utama,” ujar Mohammad Thamrin, Senin (18/12/2017).

Thamrin juga mengungkapkan, pada dasarnya output dari Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) ialah lebih menekankan kepada penguatan pembiasaan positif pada anak, seperti bagi yg beragama Islam menghafal surat pendek yang ada dalam juz 30 Alquran, atau pun doa-doa harian. Pembiasaan inilah yang diutamakan sehingga dapat menguatkan keimanan dan karakter siswa.

“Tentunya hal ini memerlukan peran penting dari para guru untuk dapat mengajarkan dan melakukan pembiasaan pada anak didik di sekolah,” jelasnya.

Dirinya kembali menuturkan, pada dasarnya kunci kesuksesan pendidikan karakter terletak pada peran guru. Sehingga guru idealnya memiliki kedekatan dengan anak didiknya. Untuk itu, ia berharap guru hendaknya akrab dengan anak didiknya sehingga dapat mengetahui perkembangan anak didiknya.

“Tidak hanya mengutamakan dimensi intelektualitas saja, namun juga kepribadian setiap anak didiknya,” tandas Thamrin. (Meidya)

 711 total views

LEAVE A REPLY