Suksesnya, Pemkot Depok Ditentukan Faktor Pelayanan Sosial Kemasyarakatan

0
430

www.depoktren.com–Suksesnya penyelenggaraan pemerintahan, khususnya di Pemerintah Kota (Pemkot) Depok juga ditentukan faktor pelayanan sosial kemasyarakatan. “Untuk mengawal kesuksesan pelayanan sosial kemasyarakatan ini dibutuhkan kerja sama dari seluruh komponen pemerintahan yang ada,” ujar Wali Kota Depok, Mohammad Idris, Selasa (19/12/2017).

Idris engatakan, pemerintahan yang dimaksud terdiri dari 4 komponen. Pertama, Pemkot Depok itu sendiri. Dalam hal ini Pemkot Depok memiliki Tugas Pokok dan Fungsi (Tupoksi) memfasilitasi kegiatan sosial kemasyarakatan, membuat regulasi, fungsi penganggaran, dan penyediaan sarana dan prasarana bagi masyarakat.

“Ini di antara Tupoksi pemerintah dalam menyukseskan program sosial kemasyarakatan,” terangnya.

Dia juga menambahkan, komponen kedua dari sosial kemasyarakatan ini yakni komponen akademisi, di mana para akademisi diharapkan dengan ide yang ada membangun masyarakat di Kota Depok, serta melakukan berbagai penyuluhan dan sosialisasi yang bermanfaat. Selain itu, katanya, untuk faktor yang ketiga yaitu dibutuhkan peran serta pebisnis dalam menyukseskan agenda sosial kemasyarakatan di Kota Depok.

“Peran pebisnis dalam sosial kemasyarakatan ini seperti berperan dalam hal supporting dana dan fisik, dalam bentuk dana CSR maupun sponsorship,” imbuhnya.

Komponen terakhir atau yang terpenting dalam partisipasi sosial kemasyarakatan, kata Mohammad Idris, ialah keberadaan komunitas atau masyarakat itu sendiri. Menurutnya, lembaga kemasyarakatan yang sesuai dengan legal formal dan perundang-undangan yakni keberadaan RT/RW, dan LPM.

“Tugas sosial kemasyarakatan ini memang berat, karena kita menghadapi berbagai tipe masyarakat yang heterogen, variatif, dengan berbagai etnis, maupun agama. Meskipun tugas ini berat, tetapi sangat mulia baik di sisi Allah maupun manusia. Hal ini karena spirit yang terdorong mengedepankan kepentingan orang lain,” tandasnya. (Meidya)

 430 total views

LEAVE A REPLY