Keren, Kampung Pembauran Multietnik di Sukmajaya

0
478

www.depoktren.com–Sukses dengan Kampung Tiga Dimensi (3D) di Jalan Tondano Kelurahan Abadijaya dan Kampung Kreatif di RW 07 Kelurahan Mekarjaya, kini Kecamatan Sukmajaya memiliki kampung tematik lainnya yang juga mengusung konsep penuh warna. Yaitu, Kampung Pembauran ‘Multiwarna’ yang ada di RT 04 RW 02 Kelurahan Cisalak, Kecamatan Sukmajaya.

Uniknya, di daerah yang memiliki luas sekitar 3500 meter persegi ini, sekurangnya ada 32 rumah penduduk ditambah jembatan dan dinding bangunan yang dihias dengan cat warna-warni, berkonsep multiadat dan agama. Mulai dari pagoda, masjid, gereja, hingga lukisan gambar wayang khas Jawa Barat pun tersaji cukup apik. Sisanya gambar hewan-hewan seperti gajah atau ikan dan kreasi seni lainnya dari para warga.

“Saya ucapkan terima kasih kepada warga, khususnya RT, RW, dan Lurah Cisalak yang sudah merespons dengan baik program penataan RW kumuh, sehingga daerah yang dipilih ini menjadi kampung sentra pembauran multiwarna yang lebih bagus dari sebelumnya,” kata Camat Sukmajaya Taufan Abdul Fatah,k Jumat (5/1/2018).

Dijelaskan Taufan, anggaran untuk program ini menghabiskan dana sekitar Rp 30 juta. Biaya tersebut, selain untuk pembelian cat warna juga sudah termasuk membayar upah arsitek gambar dan tukang catnya.

Dikatakan Taufan, dipilihnya RW 02 Kelurahan Cisalak, karena daerah tersebut dikenal sebagai daerah yang multietnik. Di dalamnya ada suku Sunda, Jawa, Betawi, Madura, Ambon, dan Cina yang beragama Islam, Konghucu, Kristen Protestan, dan Katolik.

“Diharapkan, Kampung Pembauran ini menjadi percontohan bagi tempat-tempat lainnya. Bukan hanya dari aspek kerukunannya, juga penataan wilayah yang padat, menjadi lebih menarik dan berdaya wisata,” katanya.

Sementara itu, Samsudin Ketua RT 04 mengapresiasi program penataan RW kumuh dari Kecamatan Sukmajaya. Ia menjelaskan, pengecatan sendiri dilakukan selama dua pekan dan menghabiskan 12 kaleng cat warna ukuran 25 kilogram (kg).

“Pada intinya kami mengapresiasi inisiasi Pak Camat, karena ini merupakan program yang bagus. Para warga juga menjadi senang, sekarang daerah tinggal mereka menjadi lebih bagus,” tutupnya. (Suryansyah)

 478 total views

LEAVE A REPLY