BPN Depok akan Terbitkan 30 Ribu Sertifikat Gratis

0
791
Jpeg

www.depoktren.com–Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kota Depok akan mempercepat penerbitan sertifikat gratis bagi warga melalui Program Nasional Agraria (Prona). “Jika sebelumnya Kota Depok mendapatkan kuota 1.000 bidang tanah untuk disertifikatkan secara gratis, tahun ini kuotanya bertambah menjadi 30 ribu bidang tanah untuk disertifikatkan secara gratis,” ujar Plt Kepala BPN Kota Depok, Heri Membrand di Kantor BPN Kota Depok, Kamis (18/1/2018).

Menurut Heri, jika pada 2017 lalu lokasi pembuatan sertifikat gratis hanya di dua kelurahan yakni Kelurahan Pondok Jaya dan Kelurahan Bojong Pondok Terong, Cipayung, maka pada 2018 ada 21 kelurahan yang mendapatkan alokasi pembuatan sertifikat gratis. “Pada tahun ini ada 21 kelurahan yang diambil dari tujuh kecamatan se-Kota Depok,” terangnya.

Adapun ke 21 kelurahan tersebut yakni Kelurahan Cimpaeun, Sukamaju Baru,  Tapos, Cilangkap, Kelurahan Duren Mekar, Duren Seribu, Bojongsari Baru, Bojongsari, Curug, Pondok Petir dan Serua, Kelurahan Rangkapan Jaya., Kelurahan Bojong Pondok Terong dan Pondok Jaya, Kelurahan Grogol, Kelurahan Cinangka dan Kedaung, Kelurahan Cinere, Gandul, Pangkalan Jati, dan Pangkalan Jati Baru (PJB).

“Dari masing-masing kelurahan, memiliki jumlah bidang yang bervariasi. Ke depan, kami akan terus melakukan sosialisasi kepada warga, agar dapat melengkapi persyaratan yang dibutuhkan tersebut. Saat ini kami masih melakukan sosialisasi ke sejumlah wilayah kelurahan dan kecamatan. Agar nantinya dapat memaksimalkan apa saja yang dibutuhkan untuk melengkapi surat-surat,” tuturnya.

Heri menjelaskan, program yang bernama Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) atau sering disebut Prona itu merupakan amanat undang-undang. Program ini dilaksanakan untuk mempercepat terwujudnya pendaftaran tanah di seluruh wilayah Indonesia, sesuai dengan Undang-undang Nomor 5 Tahun 1960 Pasal 19 ayat 1. (Papi Ipul/Rus)

 791 total views

LEAVE A REPLY