SetiapTaman RW akan Menjadi Taman Kelurahan

0
939

www.depoktren.com–Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Kota Depok saat ini tengah melakukan pemetaan taman RW yang memungkinkan untuk ditingkatkan menjadi taman kelurahan. Hal ini dilakukan untuk mengejar Ketersediaan Ruang Terbuka Hijau (RTH) di Kota Depok.

“Saat ini kami sedang memetakan, taman RW yang bisa ditingkatkan menjadi taman kelurahan. Pasalnya, sampai dengan tahun 2021, Pemerintah kota (Pemkot) Depok harus memiliki setidaknya satu taman di setiap kelurahan. Tahun ini sudah ada tujuh taman yang terdata, namun jumlahnya masih bisa berubah tergantung anggaran,” ujar Kepala Bidang Tata Lingkungan dan Konservasi DLHK Kota Depok, Diana Puspita Sari, di ruang kerjanya, Rabu (24/1/18).

Nantinya, lanjut Diana, taman RW yang layak ditingkatkan menjadi taman kelurahan, akan dilengkapi dengan sarana dan prasarana yang lebih memadai. Seperti lapangan serbaguna, children play ground, sarana refleksi untuk lansia, selfie ornamen, shelter, akses wifi dan masih banyak lagi fasilitas lainnya yang bisa digunakan untuk umum.

“Yang utama, akan kita lihat dulu luasnnya. Karena untuk ditingkatkan menjadi taman kelurahan, taman tersebut harus memiliki luas minimal 500 meter persegi. Jika kurang, maka tidak layak untuk ditingkatkan statusnya. Selain itu, dilihat juga lokasinya, strategis dan memungkinkan atau tidak itu juga menjadi perhatian kami,” ucapnya.

Pihaknya juga mengimbau camat maupun lurah setempat agar dapat membantu DLHK untuk memberikan informasi, taman di wilayah yang bisa ditingkatkan menjadi taman kelurahan. Tentunya hal ini akan sangat membantu DLHK, mengingat camat dan lurah merupakan pemegang wilayah.

“Camat dan lurah juga berperan membantu kami dalam memetakan taman yang sudah ada di wilayah masing-masing. Mudah-mudahan dengan kerja sama yang baik, dapat mempercepat proses pengadaan satu taman satu kelurahan di Kota Depok,” kata Diana.

Untuk diketahui, saat ini Kota Depok baru memiliki 105 taman yang berada di 21 dari 63 kelurahan di Kota Depok. Taman tersebut merupakan taman kelurahan maupun taman RW. DLHK harus memenuhi paling sedikit 42 taman di 42 kelurahan yang belum memiliki taman tingkat kelurahan. (Meidya)

 939 total views

LEAVE A REPLY