Panwaslu Depok Awasi Ketat Coklit

0
574

www.depoktren.com–Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Depok melakukan pengawasan ketat pelaksanaan pencocokan dan penelitian (coklit) yang dilaksanakan KPU Kota Depok. Dalam pengawasan, Panwaslu akan melihat kinerja Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (PPDP) yang melaksanakan coklit data pemilih untuk Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Barat (Pilgub Jabar) 2018.

“Pengawasan ini harus dilakukan karena coklit merupakan tahapan yang penting untuk memastikan setiap warga tidak kehilangan hak pilihnya,” tutur Ketua Panwaslu Depok, Dede Slamet Permana, Senin (29/1/2018).

Menurut Dede, pengawasan yang dilakukan Panwaslu adalah memastikan Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (PPDP) tidak terlibat dalam partai politik (parpol), melakukan pengawasan langsung proses Coklit yang dilakukan oleh PPDP. Selain itu, pihaknya juga melakukan sampling berbasis Tempat Pemungutan Suara (TPS), guna mengetahui apakah ada rumah atau kepala keluarga yang belum dicoklit oleh petugas PPDP.

“Kita juga membuka posko pengaduan coklit serta melakukan bintek terhadap Pengawas Pemilu Lapangan (PPL) terkait pengawasan Pilgub, salah satunya dalam pengawasan coklit, ” jelasnya.

Dede menambahkan, dari pengawasan yang dilakukan, pihaknya masih menemukan sejumlah kendala dalam pemutakhiran data. Diantaranya kurang telitinya beberapa PPDP dalam melakukan proses coklit. Ditambah masih ada PPDP yang belum menguasai dalam mengoperasikan aplikasi SITAGIS (Sistem Informasi Terpadu dan Geographic Information System).

“Aplikasi tersebut juga offline di hari pertama coklit, sehingga semua PPDP se-Depok gagal upload. Namun, untuk kendala-kendala tersebut sudah kami lakukan koreksi di tempat agar tidak terulang lagi,” tegasnya.

Dia mengimbau, agar semua pihak terkait untuk terus meningkatkan sinergitas. Sebab pemutakhiran data dan pendaftaran pemilih harus dilakukan secara maksimal, sesuai dengan prosedur. Hal tersebut agar hak pemilih di Kota Depok dapat terlindungi.

“Kami ingin memastikan semua warga Kota Depok yang memiliki hak pilih terdaftar pada Pilgub Jabar 2018, sehingga mereka dapat memberikan suaranya,” pungkasnya. (Aris/Rus)

 574 total views

LEAVE A REPLY