Bagian Layanan Pengadaan akan Manfaatkan Aplikasi SI-Manda PBJ

0
712

www.depoktren.com–Bagian Layanan Pengadaan (BLP) Sekretariat Daerah (Setda) Kota Depok akan memanfaatkan Sistem Informasi Manajemen Data Pengadaan Barang/Jasa (SI-Manda PBJ). Aplikasi tersebut, diyakini akan mempermudah para Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) di Perangkat Daerah (PD) Kota Depok dalam memproses pelelangan barang dan jasa

“Dengan aplikasi SI-Manda PBJ, PPK bisa mengumpulkan semua persyaratan secara daring (online), sehingga tidak lagi berkutat dengan duplikasi berkas-berkas dokumen,” kata Kepala BLP, Dadan Rustandi di ruang kerjanya, Selasa (30/1/2018).

Melalui aplikasi tersebut, pihaknya bisa melakukan pengawasan secara lebih maksimal terkait berkas pelelangan yang dikumpulkan oleh PPK. Apabila ada persyaratan yang belum terkumpul, pihaknya bisa meminta kepada PPK terkait untuk melengkapi berkas tersebut.

“Hasil dari data tersebut, akan divalidasi oleh Pokja Unit Layanan Pengadaan (ULP) sebelum ditayangkan pada Sistem Layanan Pengadaan secara Eletronik (LPSE),” katanya.

Dadan menjelaskan keunggulan lain dari aplikasi ini, yaitu dapat melihat kesiapan dan ketersediaan pihak ketiga atau tenaga ahli. Dikatakannya, apabila pihak yang bersangkutan masih memiliki proyek lain, maka nama mereka akan muncul di aplikasi SI-Manda PBJ sebagai overlap dan akan ditindaklanjuti oleh PPK dan atau Pokja ULP. Dengan demikian diharapkan, pekerjaannya tidak akan tumpang tindih dengan proyek yang lainnya.

“Karena tahun ini, kita baru menggunakan aplikasi tersebut. Secara bertahap, kita akan melakukan sosialisasi aplikasi SI-Manda PBJ kepada para PPK. Harapannya, membantu kinerja PPK dan proses pelelangan barang atau jasa bisa lebih lancar,” pungkas Dadan. (Aris/Papi Ipul)

 711 total views

LEAVE A REPLY