Pemkot Depok akan Lakukan Pendataan Lansia

0
312

www.depoktren.com–Dinas Sosial (Dinsos) Pemerintah Kota (Pemkot) Depok akan melakukan pendataan lansia. “Upaya pendataan itu dilakukan sebagai bentuk perhatian terhadap keberadaan lansia baik yang produktif maupun tidak mampu,” kata Kepala Bidang Pemberdayaan Sosial, Dinsos Kota Depok, Nita Ita Hernita di Balai Kota Depok, Rabu (31/1/2018).

Menurut Nita, pendataan lansia dilakukan bersama sejumlah Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait. Hal tersebut dikarenakan saat pendataan dibutuhkan beberapa data pendukung seperti kartu keluarga.

“Pendataan akan kami mulai tahun ini dengan mengacu pada data yang dimiliki Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) serta data dari Dinas Perlindungan Anak dan Pemberdayaan Masyarakat (DPAPM),” tuturnya.

Diutarakan Nita, pendataan akan dilakukan kepada lansia yang berusia di atas 60 tahun. Untuk mengetahui status lansia tersebut akan dilakukan pendataan berdasarkan pendidikan terakhir, status pekerjaan terakhir, dan kondisi lansia saat ini.

“Melalui pendataan yang dilakukan diharapkan dapat memberikan perhatian lebih kepada lansia yang membutuhkan di Depok. Selain untuk meningkatkan produktivitas juga sebagai upaya dalam menjadikan lansia yang aktif,” harapnya. 

Selain itu Dinsos Depok juga rutin melakukan pembinaan kepada Lembaga Kesejahteraan Sosial (LKS). Langkah tersebut dilakukan demi memaksimalkan peran LKS untuk membantu pemerintah mengatasi sejumlah permasalahan sosial.

“Kami akan terus melakukan pembinaan ke sejumlah LKS di Kota Depok, karena lembaga ini merupakan salah satu mitra pemerintah dalam mengatasi permasalahan sosial di Kota Depok,” ujar Kepala Dinas (Kadis) Dinsos Depok, Kafrawi.

Menurut Kafrawi, pembinaan yang akan dilakukan berkaitan dengan status lembaga, program pendukung guna menuntaskan permasalahan sosial maupun potensi lembaga dalam membantu permasalahan yang ada. Adapun lembaga-lembaga yang akan dimaksimalkan meliputi Panti Asuhan dan Jompo, Dewan Kemakmuran Masjid (DKM), Majelis Taklim, serta kelembagaan pada Gereja. “Banyak lembaga, termasuk dalam keagamaan yang bisa menyentuh sosial kemasyarakatan,” terangnya.

Dengan pembinaan yang dilakukan diharapkan dapat menyelaraskan program Pemkot Depok dengan LKS. “Kedepan LKS memiliki tanggung jawab di setiap wilayah untuk mengentaskan permasalahan sosial di Kota Depok,” pungkasnya. (Aris)

 312 total views

LEAVE A REPLY