Pemkot Depok Beri Pembinaan dan Perhatian Khusus Penyandang Disabilitas

0
235

www.depoktren.com–Pemerintah Kota (Pemkot) melakukan pembinaan dan perhatian khusus kepada penyandang disabilitas di Kota Depok. Terlebih bagi para disabilitas yang memiliki keahlian dan pendidikan agar dapat diaplikasikan untuk meningkatkan perekonomian.

Kepala Bidang Rehabilitasi Sosial, Dinas Sosial (Dinsos) Kota Depok, Devi Mayori mengatakan, pihaknya rutin melakukan pembinaan kepada penyandang disabilitas. Hal tersebut sesuai dengan Undang-Undang Nomor 8 Tahun 2016 tentang Penyandang Disabilitas.

“Tindakan ini kami lakukan sesuai dengan amanah yang sudah diatur, sehingga setiap tahunnya kami rutin melakukan pembinaan kepada penyandang disabilitas,” ujar Devi, Rabu (31/1/2018).

Menurut Devi, Dinsos senantiasa mengadakan pembinaan berupa pelatihan dan bimbingan sosial untuk tuna netra, tuna rungu, dan anak berkebutuhan khusus (ABK). Adapun pelatihan yang telah dilakukan antara lain pelatihan pijat refleksi, bekam. Tak hanya itu, sambungnya, pihaknya juga akan memberikan pelatihan informasi teknologo (IT).

“Kami pun menjadi perantara dalam memfasilitasi tuna daksa ke panti yang telah disediakan Kementerian Sosial (Kemensos) Republik Indonesia,” tuturnya.

Sekrataris Umum Ikatan Tuna Netra Sarjana Provinsi Jawa Barat, Rahmat memberi apresiasi terhadap berbagai program yang dilakukan Pemkot Depok. Menurutnya, belum ada kota/kabupaten yang aktif memberikan perhatian terhadap penyandang disabilitas.

“Apa yang dilakukan Pemkot Depok ini bagus. Semoga kedepan perhatian terhadap penyandang disabilitas terus dilakukan demi membantu meningkatkan perkonomian mereka,” pungkas Rahmat. (Aris/Masturoh)

 235 total views

LEAVE A REPLY