Kelurahan Jatimulya Miliki 2 Tempat Pengolahan Sampah Terpadu

0
582

www.depoktren.com–Guna mewujudkan kondisi lingkungan yang bebas sampah, Kelurahan Jatimulya, Kecamatan Cilodong kini telah membentuk dua Tempat Pengolahan Sampah Terpadu (TPST). Kedua TPST tersebut terletak di RW 08 dan 09.

“Masing-masing TPST ini dikelolah secara swadaya oleh warga setempat. Mereka yang memilah sampah dari bahan-bahan plastik untuk kemudian dijual. Kemudian yang menarik dari hasil penjualan tersebut mereka berikan kepada para petugas pengangkut sampah yang bertugas di TPST itu,” tutur lurah Jatimulya, Ma’roep, Minggu (4/2/2018).

Ma’reop mengutarakan, selain kedua RW tersebut, di tahun ini pihaknya juga akan menambah satu TPST. TPST tersebut terletak di RW 07, Kelurahan Jatimulya.

“Di RW 07 masyarakatnya sendiri yang mengajukan ingin membentuk TPST, dan mereka secara swadaya ingin mengelolanya. Hasil dari pemilihan sampah nantinya dimanfaatkan untuk menambah biaya kebutuhan sehari-hari,” tuturnya.

Ma’reop menambahkan, pihaknya juga telah memfasilitasi berupa pemberian ember sampah besar sebanyak empat unit ke setiap RT. Sedangkan untuk ember kecil kepada setiap kepala keluarga. Hal tersebut dilakukan agar masyarakat dapat memiliki kesadaran untuk melakukan pemilihan sampah secara mandiri dari rumah.

“Mudah-mudahan dengan terbentuknya TPST yang ada di RWdapat mendorong RW lain untuk melakukan hal yang sama, sehingga volume sampah yang ada di masyarakat dapat berkurang. Selain itu, juga dapat meningkatkan ekonomi warga sekitar lewat penghasilan dari pemilihan sampah,” pungkasnya. (Aris)

 582 total views

LEAVE A REPLY