Dinkes Depok Keluarkan Surat Larangan Peredaran Albothyl

0
322

www.depoktren.com–Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Depok mengedarkan surat ke pemilik atau penanggung jawab distribusi obat terkait larangan peredaran Albothyl oleh Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM).

Sekretaris Dinkes Depok Ernawati mengatakan, di dalam surat edaran tersebut tercantum bahwa diwajibkan untuk tidak menjual produk Albothyl. Selain juga untuk menyimpan produk tersebut di tempat khusus dan terpisah hingga dilakukan penarilan oleh distributor.

“Sudah kami keluarkan edaran pada 19 Februari lalu dan sudah disampaikan kepada pemilik distribusi obat,” ujar Ernawati di Balaikota Depok, Selasa (20/2/2018).

Menurut Ernawati, BPOM telah menginstruksikan PT. Pharos Indonesia dan industri farmasi lainnya yang memegang izin edar obat mengandung policresulen dalam bentuk sediaan cair obat luar konsentrat agar menarik obat selambat-lambatnya satu bulan sejak dikeluarkannya Surat Keputusan Pembekuan Izin Edar. 

Sebagai bentuk dukungan, Dinkes Depok pun tak hanya mengedarkan surat tetapi juga akan menggelar sidak ke sejumlah apotek di Depok.

“Hasil sidak yang dilakukan bahwa masih ditemui beberapa apotek yang memajang produk Albothyl. Kami pun sudah meminta produk tersebut untuk dipisahkan dan disimpan hingga ada penarikan dari distributor,” tegasnya.

Ernawati berharap kepada masyarakat Depok untuk tidak menggunakan produk Albothyl. “Sebab, produk tersebut telah dinyatakan tak layak konsumsi hingga izin edarnya dibekukan,” tandasnya. (Masturoh)

 322 total views

LEAVE A REPLY