DLHK Depok Targetkan Uji Emisi 1.000 Kendaraan

0
412

www.depoktren.com–Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Pemerintahan Kota (Pemkot) Depok menargetan 1.000 kendaraan diuji emisi setiap tahunnya. Hal ini perlu dilakukan untuk mengevaluasi serta menekan kadar polutan.

“Setiap tahun kita menargetkan 1.000 kendaraan diuji emisi. Untuk sekali kegiatan pengecekan emisi gas buang, setidaknya kami mengecek sebanyak 100 kendaraan, kadang jumlahnya melebihi,” ujar Kepala DLHK Kota Depok Etty Suryahati, di Balaikota Depok Selasa (20/2/2018).

Etty menjelaskan, menurut Peraturan Menteri Negara Lingkungan Hidup Nomor 5 Tahun 2006 tentang batas emisi kendaraan bermotor lama, untuk kendaraan di bawah tahun 2007, Hidro Carbon (HC) harus 1200 dan untuk Carbon Monoxide (CO) harus di bawah 4,5 persen. Sedangkan kendaraan di atas tahun 2007, HC harus lebih kecil dari 200 dan CO di bawah 1,5 persen.

“Angka tersebut merupakan ambang batas gas buang suatu kendaraan yang ideal. Jika nilainya melebihi angka tersebut, maka itu menjadi peringatan bagi si pemilik kendaraan untuk melakukan perawatan secara berkala, agar tidak menyumbang gas buang yang dapat mempengaruhi kualitas udara,” jelasnya.

Menurut Etty, ke depan pihaknya akan terus mengadakan kegiatan pemeriksaan uji emisi dengan lokasi yang berbeda. Tujuannya tidak hanya untuk memenuhi target 1.000 kendaraan pada 2018, tapi juga untuk menyadarkan masyarakat akan pentingnya menjaga kualitas udara lewat uji emisi enam bulan sekali.

“Masyarakat Depok bisa membawa kendaraannya untuk uji emisi di tempat yang sudah kami sediakan secara gratis. Di antaranya di sekitar Margonda, depan Margocity Mall, Jalan Raya Cinere, Jalan Raya Bogor, dan di tempat-tempat strategis lainnya,” tutur Etty. (Masturoh)

 412 total views

LEAVE A REPLY