Premium Langka di Depok, Pertamina Memastikan Pasokan Aman

0
369

www.depoktren.com–Dalam waktu beberapa minggu terakhir ini, para penguna kendaraan bermotor kesulitan mendapatkan bahan bakar minyak (BBM) jenis premium.

Hampir diseluruh SPBU di Kota Depok sudah tak menjual premium. “Saya terpaksa beralih ke pertalite karena premium di beberapa SPBU sudah tak dijual,” ujar Syahputra, seorang penguna kendaraan yang merupakan warga Beji, Selasa (20/2/2018).

Berdasarkan pantauan, di tiga SPBU yang terdapat di Jalan Morgonda, memang ada dua SPBU yang tak mendapatkan pasokan premium, sedangkan satu SPBU masih menjual premium tapi dengan suplai terbatas. Informasi yang di dapat premium masih terdapat di SPBU milik Pertamina sedangkan SPBU milik swasta pasokan SPBU sudah lama dikurangi.

“Kami tak mengerti apa alasan Pertamina mengurangi pasokan premium ke SPBU Swasta, terkesan ada pilih kasih,” tanya Wahyudin, seorang pemilik SPBU di Depok.

Seorang pengusaha SPBU di Kota Depok lainnya, Aldin mengatakan hal yang sama. “Pertamina harus transparan menjelaskan mengenai persoalan ini, kenapa pasokan premium di SPBU milik Pertamina selalu ada sedangkan di SPBU milik swasta pasokan premium dikurangi,” tegasnya.

Namun, hal itu dibantah PT Pertamina (Persero) yang memastikan ketersediaan pasokan premium di Depok aman dan tidak mengalami kelangkaan.

Unit Manager Communication & CSR MOR III, Dian Hapsari, mengatakan bahwa Pertamina menyediakan Premium di hampir seluruh SPBU di wilayah Depok.

“Kami memiliki 35 SPBU yang menyediakan premium di Depok. Kondisinya premium tetap kami sediakan di pasaran bahkan tidak terjadi kelangkaan. Kami pun melihat saat ini masyarakat pun mulai beralih untuk konsumsi BBM umum yang lebih baik kualitasnya. Kebanyakan masyarakat mengatakan bahwa BBM umum dirasa lebih baik untuk peforma mesin kendaraan dan lingkungan.,” ujar Dian melalui keterangan tertulisnya, Rabu (21/2/2018).

Dian menerangkan bahwa sesuai Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 191 Tahun 2014, ada beberapa jenis pengkategorian BBM yaitu BBM Tertentu, BBM Penugasan dan BBM Umum. Jenis BBM Tertentu adalah jenis BBM yang disubsidi terdiri atas minyak tanah (kerosene) dan minyak solar (gas oil).

Jenis BBM Penugasan adalah Jenis BBM Premium yang didistribusikan di wilayah penugasan. Di mana wilayah BBM Penugasan meliputi seluruh Indonesia selain Jawa, Madura dan Bali (Jamali).

Jenis BBM Umum adalah BBM yang mempunyai jenis, standar dan mutu (spesifikasi) tertentu dan tidak diberikan subsidi, seperti pertalite, pertamax series, dexlite dan pertamina dex. Termasuk untuk wilayah Jawa, Madura dan Bali (Jamali), premium yang dijual bukanlah merupakan BBM khusus penugasan, namun masuk kategori BBM umum.

“Kami pun mengimbau masyarakat untuk dapat menghubungi contact center Pertamina di 1 500 000 (untuk mendapat informasi lebih lanjut),” tutupnya. (Aris/Rus)

 369 total views

LEAVE A REPLY