Taman Safari Dapat Kado Istimewa Seekor Bayi Jerapah

0
464

www.depoktren.com–Taman Safari Indonesia (TSI), Cisarua, Bogor, kembali mendapat kado istimewa, seekor bayi jerapah.

Jerapah tersebut lahir dua hari setelah Imlek, tepatnya pada Minggu (18/2/2018).

Kepala Humas TSI, Yulius H Suprihardo, menjelaskan, proses kelahiran bayi jerapah sudah dinantikan sejak pagi hari sampai waktunya tiba pada siang hari. “Tumpukan serbuk gergaji sengaja dihamparkan di sekitar area kandang sebagai alas empuk saat bayi itu lahir,” tutur Yulius, Rabu (21/2/2018).

Tidak hanya penjaga hewan, dokter hewan dan kurator satwa juga sudah berada di kandang sejak pagi. Yulius menggambarkan, mereka terus memantau kegelisahan induk jerapah bernama Emily yang harap harap cemas menanti kelahiran anaknya.

Kelegaan dan kegembiraan muncul di hati penjaga hewan dan dokter hewan, ketika pada pukul 13.24 WIB, Emily berhasil mengeluarkan bayi dari perutnya. Bayi jerapah yang belum diberi nama itu berjenis kelamin jantan dan memiliki berat 90 kilogram.

Dokter Hewan TSI, Ardyta Widianti, menjelaskan satwa asal Afrika tersebut lahir setelah melalui proses cukup lama. “Masa kehamilan selama 14 bulan lebih satu minggu,” tuturnya.

Kini, dalam usia empat hari, bayi jerapah sudah bisa berdiri secara perlahan. Sesekali, Emily dan si induk pejantan bernama Kalou menjilati tubuh sang anakan.

Direktur TSI, Jansen Manansang, menambahkan, pihaknya merasa bangga dapat mengembangbiakan satwa jerapah. Keberhasilan di bidang konservasi ini berkat dukungan para perawat, dokter hewan, kurator, maupun para staf, ucapnya. Jansen berharap, dengan bertambahnya bayi jerapah ini, koleksi satwa langka dapat terus bertambah sebagai bagian dari kegiatan konservasi. (Aris)

 464 total views

LEAVE A REPLY