Dinsos Depok Perketat Persyaratan untuk Adopsi Anak

0
1300

www.depoktren.com–Dinas Sosial (Dinsos) Pemerintah Kota (Pemkot) Depok terapkan persyaratan ketat adopsi ajak. Untuk bisa mengangkat seorang anak atau mengadopsi, calon orangtua angkat (COTA) harus mengikuti proses dan syarat yang telah ditetapkan pemerintah sebagai pelindungan dan hak anak di masa datang.

Setiap COTA yang ingin mengurus pengangkatan anak harus melengkapi persyaratan yang telah ditetapkan. Tentunya sesuai dengan Peraturan Pemerintah Nomor 54 Tahun 2007 tentang Pelaksanaan Pengangkatan Anak,” ujar Kepala Bidang Rehabilitasi Sosial Dinas Sosial (Dinsos) Pemkot Depok Devi Mayori di Balaikota Depok, Selasa (27/2/2018).

Menurut Devi, ada banyak persyaratan yang mesti dipenuhi oleh calon orangtua angkat, karena inti dari adopsi adalah untuk yang terbaik bagi anak. 

“Jangan sampai adopsi itu malah menjadi awal keburukan bagi anak. Misalnya anak malah ditelantarkan nantinya,” terangnya.

Devi menjelaskan, syarat utama yang harus dipenuhi COTA dalam pengangkatan anak yaitu berusia minimal 30 tahun dan maksimal 55 tahun saat mengajukan permohonan pengangkatan anak. Selain itu, mereka juga berstatus menikah sah selama minimal lima tahun. Kemudian, saat mengajukan permohonan, calon orangtua angkat belum memiliki anak atau hanya memiliki satu orang anak.

“Berbagai persyaratan harus dipenuhi, lalu yang terpenting dan paling utama, COTA harus berusia minimal 30 tahun dan menikah sah selama lima tahun,” jelasnya.

Devi menambahkan, dalam proses pengangkatan anak tersebut memerlukan waktu minimal empat bulan dan maksimal enam bulan hingga sah menjadi anak angkat. “Tentunya dengan memperoleh surat penetapan dari Pengadilan Agama (PA),” ucap Devi. (Masturoh)

 1,302 total views

LEAVE A REPLY