Puskesmas Cilodong akan Sukseskan Program Indonesia Sehat

0
663

www.depoktren.com–Puskesmas Kecamatan Cilodong siap sukseskan Program Indonesia Sehat dengan Pendekatan Keluarga (PIS-PK) yang dicanangkan oleh Kementerian Kesehatan (Kemenkes). Program tersebut adalah salah satu cara Puskesmas meningkatkan jangkauan sasaran dan mendekatkan akses pelayanan kesehatan di wilayah kerjanya dengan menyambangi dari rumah ke rumah.

Kepala UPT Puskesmas Cilodong, Ambar Wijajanti mengatakan, dalam melaksanakan program tersebut, pihaknya telah melakukan berbagai persiapan. Salah satunya dengan mempersiapkan tenaga survei PIS-PK.

“Kemarin, kami sudah memberikan pelatihan kepada 66 kader dari 20 RW yang terpilih memiliki kasus rawan seperti Orang dengan Gangguan Jiwa (ODGJ), HIV-AIDS, hipertensi, kehamilan risiko tinggi, dan gangguan gizi. Para kader ini akan menjadi tenaga survei untuk melakukan pendataan keluarga sehat dari rumah ke rumah,” ujar Ambar, Kamis (1/2/2018).

Menurut Ambar, program PIS-PK tersebut akan dilakukan secara serentak mulai tanggal 1 Augustus 2018. Dimana pihaknya menargetkan akan melakukan pendataan terhadap 16.000 rumah yang terdapat di wilayah Kecamatan Cilodong.

“Di Cilodong pendataan akan kita lakukan secara bertahap selama dua tahun. Tahun ini 40 persen, tahun depan 60 persen,” terangnya.

Dia menambahkan, program PIS-PK tersebut mampu meningkatkan derajat kesehatan masyarakat. Pasalnya, para tenaga kesehatan secara langsung terjun ke masyarakat (door to door), sehingga dapat mengetahui dengan detail bagaimana kondisi di lapangan.

“Mudah-mudahan dengan program tersebut, kasus-kasus yang selama ini tersembunyi di masyarakat dapat terdeteksi dan diintervensi. Selama ini kita hanya mengandalkan laporan dari para kader di lapangan,” pungkas Ambar. (Aris)

 663 total views

LEAVE A REPLY