Dinkes Depok akan Optimalkan Peningkatan Kesehatan

0
412

www.depoktren.com–Dinas Kesehatan (Dinkes) Depok akan terus berupaya meningkatkan derajat kesehatan masyarakat.

Untuk mengoptimalkan peningkatan kesehatan tersebut, Dinkes Depok memiliki tiga isu strategis pada 2019 yang disinergikan dengan program masyarakat sehat mandiri menuju Indonesia sehat.

Kepala Dinkes Kota Depok, Noerzamanti Lies Karmawati mengatakan, isu strategis dalam membangun derajat kesehatan itu diantaranya menurunkan angka kematian ibu (AKI) dan angka kematian bayi (AKB), status penyakit menular dan tidak menular, serta cangkupan Jaminan Kesehatan Nasional (JKN).

“Isu strategis yang kami miliki ini berdasarkan hasil dari tahun sebelumnya dan dirasa penting untuk dilakukan perubahan,” tuturnya saat Forum OPD Dinkes Kota Depok, Jumat (2/3/2018).

Menurut Lies, penurunan AKI dan AKB menjadi poin utama dalam menuju kota yang sehat. Meskipun Depok berada di bawah rata-rata angka nasional dan provinsi Jawa Barat, namun upaya menurunkannya harus terus dilakukan.

Selanjutnya, untuk cangkupan JKN akan terus ditingkatkan. Pasalnya, di 2019 semua masyarakat di Kota Depok harus bisa mengakses kesehatan dan terlibat dalam kepesertaan asuransi kesehatan yaitu Badan Penyelenggara Jaminan Kesehatan (BPJS).

“Sejak 2017 cangkupan JKN di Kota Depok sudah 63 persen. Karena itu untuk di 2019 harus mencapai 95 persen, ini menjadi pekerjaan rumah bagi kami,” jelas Lies.

Diharapkan Lies, dalam mewujudkan program yang menjadi isu strategis 2019 dibutuhkan dukungan dari semua elemen baik masyarakat maupun tenaga kesehatan di fasilitas  kesehatan. “Dengan begitu diharapkan program Depok sebagai kota sehat dapat terwujud,” harapnya. (Aris)

 412 total views

LEAVE A REPLY