Ada 10 Program Prioritas Disdagin Depok

0
423

www.depoktren.com–Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disdagin) Kota Depok tahun 2019 fokus pada 10 program prioritas.

10 program prioritas tersebut
diantaranya, peningkatan administrasi perkantoran, peningkatan sarana dan prasarana aparatur,  peningkatan sistem pelaporan capaian kinerja dan keuangan, peningkatan kualitas perencanaan, peningkatan akses pemasaran produk IKM dan UMKM.

Selanjutnya adalah revitalisasi pasar rakyat, pengelolaan informasi dan pengawasan distribusi barang dan bahan pangan, peningkatan kualitas keluarga miskin dan rentan, dan peningkatan kapasitas IKM dan UMKM.

“Untuk revitalisasi pasar pada tahun 2019 sebanyak 3 pasar, penyediaan kios bagi UMKM sebanyak 200 kios, pembangunan Balai Kreatif 1 unit, pembangunan Griya Pamer 1 unit, pembangunan Rumah Kemasan 1 unit,” tutur Kepala Disdagin Kota Depok, Kania Parwanti, usai Rapat Forum Rencana Kerja (Renja) di Rumah Kabeda, Kukusan, Beji, Senin (1/3/2018) lalu.

Menurut Kania, untuk peningkatan mutu produk, pihaknya akan melakukan pembinaan IKM bidang industri kimia, agro, dan hasil hutang, pelatihan pengembangan kemasan, dan monitoring serta evaluasi IKM. Sementara untuk program pengelolaan informasi dan pengawasan distribusi barang dan bahan pangan, pihaknya akan melakukan pengawasan distribusi LPG dan BBM sebanyak 12 kali, melakukan monitoring dan publikasi harga kebutuhan pokok masyarakat dan barang strategis sebanyak 48 kali.

“Selain itu, kami juga akan lakukan pendataan dan pengawasan kepada 10 gudang, mengadakan pasar murah di 48 titik. Sekaligus juga pembinaan dan pengawasan usaha sektor perdagangan sebanyak 20 usaha,” jelas Kania.

Dia menambahkan, untuk program peningkatan kualitas keluarga miskin dan rentan, pihaknya akan memberikan pelatihan aneka olahan produk lokal kepada 75 orang. Disamping itu, untuk meningkatkan kapasitas IKM dan UMKM, Disdagin juga akan memberikan pembinaan kepada industri kreatif, pelatihan industri kreatif, pembentukan dan pembinaan cluster sentra industri, serta pendampingan R5 (Rapih, Resik, Rajin, Ringkas, Rawat) terhadap IKM.

“Kita harapkan dengan berbagai program prioritas ini dapat mewujudkan perdagangan dan perindusrian di Kota Depok tidak hanya berkualitas tetapi memiliki daya saing,” harap Kania. (Aris)

 423 total views

LEAVE A REPLY