RSUD Depok Bagian Timur Segera Dibangun

0
920

www.depoktren.com– Pemerintah Kota (Pemkot) Depok segera mungkin membebaskan lahan untuk pembangunan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Depok bagian timur. Rencananya akan dibangun di kawasan Kecamatan Tapos tahun ini dengan tipe C.

“Tahun ini akan dilakukan pembebasan lahan RSUD bagian timur. Pembebasan lahan tersebut sudah dianggarkan sekitar Rp 50 miliar,” kata Sekretaris Dinas Kesehatan (Dinkes) Depok Ernawati, di Balaikota Depok, Minggu (4/3/2018).

Rencana pembangunan RSUD Depok di bagian timur sebagai salah satu program jangka menengah daerah selama lima tahun kedepan Wali Kota Depok Mohammad Idris dan Wakil Wali Kota Depok Pradi Supriatna. “Kita bangun RSUD Depok di timur kota ini dengan tipenya C,” RSUD Depok tipe C ini akan dilengkapi dengan 100 tempat rawat inap,” terangnya.

Menurut Ernawati, RSUD Depok di Tapos ini direncanakan juga ada pelayanan spesialis anak, penyakit dalam, kandungan, dan dokter patologi klinik. “RSUD tipe C ini kami sesuaikam tapi maksimal untuk pelayanan,” tegasnya.

Dibangunya RSUD Depok bagian timur ini sebagai upaya Pemkot Depok memberikan pelayanan kesehatan secara merata.

Artinya, warga Kecamatan Tapos, Cilodong, dan Cimanggis yang berada di Depok bagian timur mau berobat bisa terjangkau karena jarak RSUD Depok Sawangan jaraknya cukup jauh untuk dijangkau warga Depok di bagian timur.

“Depok terbagi dua wilayah timur dan barat, Pemkot berikan alternatif pelayanan dibangun RSUD Depok. Jadi kalau warga Depok tinggal di tengah bisa berobat di daerah timur dan barat, tinggal pilih saja,” tutur Ernawati.

Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kota Depok Widiyanti mengatakan, pembangunan RSUD Depok di bagian timur, untuk proses pembebasan lahan akan dilakukan Dinas Pemukiman dan Perumahan (Disrumkim) Depok. “Tahun ini dibebaskan, ada dua tempat, yakni Kelurahan Sukatani dan Kelurahan Tapos,” kata Widiyanti.

Untuk pelaksanaan pembangunan fisik kemungkinan setelah dibuatkan DED diperkirakan 2019 dan 2020 bisa dibangun fisiknya. “Kalau untuk luasan kurang lebih satu hektar lahan yang dibangun,” ucapnya. (Aris)

 920 total views

LEAVE A REPLY