Pemkot Depok Sangat Fokus Mewujudkan RTH

0
465

www.depoktren.com–Wali Kota Depok, Mohammad Idris mengatakan, pihaknya sangat fokus untuk mewujudkan ruang terbuka hijau (RTH) di Kota Depok. “Kami rasakan tidak ada masalah dengan RTH di Depok. Kami sangat fokus akan keberadaan RTH,” ujar Idris di Balaikota Depok, Selasa (6/3/2018).

Menurut Idris, Pemkot Depok terus berupaya menambah RTH dengan menargetkan setiap tahun bisa membangun 10 taman. 

“Dari target tersebut diharapkan pada 2021 sudah terbangun 148 taman di 42 kelurahan di Kota Depok. Hal itu dilakukan sebagai upaya mengejar ketersediaan RTH di Kota Depok,” jelasnya.

Perhatian Pemkot Depok akan keberadaan RTH mendapat dukungan dari masyarakat dan organisasi cinta lingkungan seperti Sekretariat Bersama (Sekber) Ciliwung dan Forum Komunitas Hijau (FKH).

“Kami sangat mendukung Pemkot Depok yang serius dan fokus membangun RTH,” kata Koordinator Sekber Sahabat Ciliwung, Hidayat Al Ramdani.

Menurut Hidayat, pihaknya akan membantu Pemkot Depok ditangan melakukan penanaman pohon mulai dari pinggir jalan hingga pinggir kali. “Kami berupaya menjaga ekosistem alam dengan melakukan penanaman di Garis Sempadan Sungai (GSS) maupun situ,” terangnya.

Diungkapkan Hidayat, beberapa lokasi yang telah dilakukan untuk gerakan penghijauan yakni di antaranya di Situ Jatijajar, bantaran Ciliwung Ratujaya, bantaran Ciliwung Cilawet, bantaran Ciliwung Kemiri Muka dan bantaran Ciliwung Pondok Cina. Selain itu, juga melakukan penanaman pohon di bantaran Kali Pesanggrahan bersama Komunitas Peduli Kali Pesanggrahan. “Untuk mewujudkan pemenuhan RTH perlu sinergi dengan Pemkot Depok,” tegasnya.

Koordinator Forum Komunitas Hijau (FKH) Heri Syaefudin mengatakan, saat ini pihaknya berencana untuk membuat ‘sabuk hijau’ di GSS. Pembuatan sabuk hijau selain menambah asri Ciliwung, juga bagus buat menahan tebing dari bahaya longsor.

“FKH kerap melakukan aksi tanam pohon terutama di pinggir Kali Ciliwung dan Kali Pesanggrahan. Saat ini kami sedang meminta data ke Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kota Depok untuk memetakan dan mengidentifikasi, wilayah mana saja yang akan kita jadikan sabuk hijau,” jelas Heri.

Heri mengajak seluruh elemen terlibat melestarikan serta menjaga lingkungan agar tetap asri. “Jadi, warga tidak hanya menikmati RTH, tapi juga ikut membantu menjaga keasriannya,” pungkas Heri (Aris)

 464 total views

LEAVE A REPLY