Lanjutan Sidang First Travel, Hadirkan Saksi Agent dan Calon Jamaah

0
296

www.depoktren.com–Kegiatan lanjutan sidang First Travel dengan 3 terdakwa, Andika Hasibuan, Anniesa DS dan Kiki S di Pengadilan Negeri (PN) Depok menghadirkan 7 saksi agen dan 2 saksi calon jamaah, Rabu (7/4/2018).

Kesaksian seluruh agen First Travel sama sekali belum mendapatkan fee dari calon jemaah yang telah berangkat maupun belum.

Kegiatan sidang ke empat dugaan penipuan, pengelapan dan Tindak Pidana Pencucian Uang (TPPU) terhadap 63 ribu lebih calon jemaah umrah dengan kerugian mencapai Rp 905 miliar, dipimpin Majelis Hakim yang diketuai Sobandi dan Hakim anggota Teguh A dan Endang disaksikan Tim Jaksa Penuntut Umum (JPU)  Heri Jerman.

Ke sembilan saksi,  mengaku sampai saat ini belum sepeser pun mendapatkan fee yang dijanjikan manajemen first travel walaupun telah membawa puluhan bahkan ratuaan calon jemaah umrah. “Boro-boro dapat fee dari manajemen.  Sebanyak 260 orang jamaan umrah yang saya bawa saja sampai sekarang belum diberangkatkan,” ujar Taufik,  agen perjalanan asal Sukoharjo,  Jateng dengan total uang mencapai Rp 4,3 miliar lebih. 

Sedangkan, Suwindra, agen dari Pontianak,  mengatakan keikut sertaan menjadi agen karena harga yang murah untuk memberangkatkan jamaah umrah.  “Hampir semua agen first travel tentunya sama minat menjadi agen karena harga murah, ” tuturnya yang menambahkan 102 orang calon jamaah dengan total Rp 1,7 miliar sampai saat ini belum diberangkatkan.

Terdakwa Anniesa H,  sempat membantah keterangan saksi yang mengatakan, pihaknya mengundang sejumlah agen di butiknya menanyakan perkembangan pemberangkatan calob jamaah umrah.  “Saya tidak pernah mengundang atau mengadakan pertemuan dengan saksi yang menjadi agen di butik saya, ” ujarnya. 

Namun bantahan itu dijawab saksi Desi,  bahwa pihaknya diajak teman agen lainnya untuk datang ke butik Fisrt Travel milik Anniesa H untuk menanyakan sampai sejauhmana rencana pemberangkatan jamaah umrah. Usai pertemuan tersebut Anniesa mengatakan akan berupaya memberangkatkan calob jamaah umrah sekitar bulan Nopember 2017 tapi sampai sekarang tidak ada yang berangkat. 

Kegiatan sidang berakhir sekitar Pk. 15:00 dan akan dilanjutkan Senin (12/3) mendatang masih mendengarkan keterangan saksi lainnya. (Aris)

 296 total views

LEAVE A REPLY