Pemkot Depok Komitmen Lindungi dan Berdayakan Lansia

0
404

www.depoktren.com–Pemerintah Kota (Pemkot) Depok berkomitmen berdayakan dan melindungi kaum lanjut usia (lansia) sebagai bentuk kepedulian sosial. Komitmen tersebut diwujudkan dengan juga menyediakan sejumlah fasilitas kesehatan seperti Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) dan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) yang telah memprioritaskan lansia untuk mendapatkan pelayanan yang prima.

“Alhamdulillah, kami sambut baik komitmen memprioritaskan lansia. Saat ini sudah jauh perubahannya, dulu saat lansia ingin berobat harus antre bahkan ada yang berdiri untuk menunggu pemeriksaan,” ujar Ketua Persatuan Gerontologi Indonesia (Pergeri) Kota Depok, Fachrurozi, Senin (12/3/2018).

Menurut Fachrurozi, saat ini baik di Puskesmas maupun RSUD Kota Depok telah menyiapkan kartu prioritas bagi lansia yang ingin menggunakan layanan kesehatan. Selain itu juga telah disediakan ruang tunggu khusus lansia agar saat menunggu dapat duduk pada tempat yang telah disediakan.

Untuk meningkatkan kenyamanan bagi lansia, pihaknya terus memberikan dukungan dan masukan untuk memaksimalkan pelayanan bagi lansia. Diharapkan seluruh pelayanan bagi lansia dapat semakin ditingkatkan. Tentunya tidak hanya bidang kesehatan saja, demi mewujudkan Depok sebagai Ramah Lansia.

“Saya setiap tahun mengusulkan program prioritas untuk lansia terutama bidang kesehatan, dan Alhamdulillah respon Pemkot Depok sangat baik,” ungkap Fachrurozi.

Sementara itu, Ketua TP PKK Kota Depok, Elly Farida mengatakan kaum lansia harus mampu hidup mandiri dan berdaya. Lewat keberadaan Pos Pembinaan Terpadu (Posbindu) lansia difasilitasi dengan berbagai kegiatan yang bermanfaat bagi fisik dan mental di usia senja.

Posbindu berperan besar membantu Pemkot Depok demi mengajak lansia melakukan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS). Selain itu, dapat juga berperan mencegah penyakit menular di lingkungan masyarakat hingga memberdayakan lansia.

“Para kader Posbindu berperan menambah pengetahuan, dan keterampilan para kader dalam melayani lansia di lingkungannya,”.ujar Elly.

Posbindu bisa dijadikan sebagai wadah berkumpulnya lansia guna mengoptimalkan berbagai kegiatan dan program yang digulirkan. Serta diharapkan mampu membantu menciptakan lingkungan lansia yang nyaman dan religius dalam kehidupan.

“Posbindu dapat menggandeng UMKM, sehingga lansia dapat semakin berdaya, atau pun pemanfaatan hidroponik. Ini bisa menjadi salah satu alternatif menjadikan lansia produktif, tangguh, dan berdaya,” pungkas Elly. (Azra)

 404 total views

LEAVE A REPLY