DPRD Depok Dukung Deklarasi Perangi Hoax

0
359

www.depoktren.com–Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Depok mendukung Deklarasi Anti Hoax bersama Forkopimda di Polresta Depok. Upaya yang dilakukan Polresta Depok dalam penegakan hukum kepada pelaku penyebar berita palsu atau hoax dinilai baik agar memberikan efek jera.

“Dengan adanya Deklarasi Anti Hoax maka semua pihak dapat memerangi adanya pemberian hoax yang dapat memecah belah bangsa,” kata anggota DPRF Depok, Hafid Nasir.

Menurut Hafid, masyarakat jangan mudah terprovokasi atas isu yang belum jelas informasinya. Sebab, segala sesuatu harus meninjau kembali kebenaran berita. Terlebih, jika seseorang menyebarkan berita hoax dapat terkena sanksi sesuai dengan Undang-undang ITE dengan ancaman minimal enam tahun penjara.

“Di dalam agama Islam ada ajaran kepada umat agar tidak mudah terpancing atau mudah menerima begitu saja berita yang tidak jelas sumbernya. Jadi berita yang dibaca harus jelas sumbernya dan tidak menjadi penyebar fitnah,” jelasnya.

Untuk itu, Hafid mengimbau agar masyarakat dapat melakukan sejumlah langkah dalam menangkal berita hoax. Pertama yaitu tidak membagikan berita yang memiliki unsur SARA tanpa mengecek kembali sumber beritanya.

“Kedua tanyakan kembali kebenaran berita dengan pihak penyebar berita terhadap kebenaran data tersebut. Terakhir, catat sumber berita tersebut. Jika ada berita yang sumbernya sama maka dari sana kita bisa ambil sikap untuk membiarkannya saja,” pungkas Hafid. (Aris)

 359 total views

LEAVE A REPLY