Pelajar SD dan SMP Ikuti Lomba Pendidikan Tingkat Kota Depok 

0
612

www.depoktren.com–Sebanyam 2.200 pelajar SD dan SMP dari 11 kecamatan mengikuti Lomba Pendidikan (LP) Tingkat Kota Depok. Kegiatan tahunan tersebut, diharapkan memunculkan potensi pelajar di bidang olahraga dan seni.

“Kegiatan ini juga didasari dari arahan pemerintah pusat, tentang keharusan pemerintah daerah menyelenggarakan LP. Sebelumnya, di masing-masing kecamatan sudah menyeleksi. Hari ini kita tinggal mencari juara di tingkat kotanya,” ujar Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Depok, Mohammad Thamrin usai apel pembukaan LP, di Lapangan Yayasan Budi Insan Cendekia, Grand Depok City, Jatimulya, Cilodong, Kamis (15/3/2018).

Menurut Thamrin, ada 7 bidang utama yang dilombakan hingga akhir Maret mendatang. Yaitu, bidang Olimpiade Sains Nasional (OSN), Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN), Pasanggiri, Keterampilan Agama, Festival Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N), dan Kepala Sekolah (Kepsek) dan Guru Prestatif. Adapun untuk Literasi, jelas Thamrin, karyanya langsung dikirim ke panitia di Kementerian Pendidikan, menggunakan sistem online yang diikuti peserta secara nasional.

Thamrin menambahkan, masing-masing mata lomba setiap tahunnya hampir sama. Seperti O2SN, yang dilombakan adalah renang, silat, karate, bulutangkis, dan atletik. Lalu lomba FLS2N ada tari modern dan puisi. Adapun untuk Lomba OSN yang diikuti pelajar SD ada dua mata pelajaran, yaitu Matematika dan IPA, sementara untuk SMP ditambah IPS.

Begitu juga dengan pelaksanaan LP, Thamrin menuturkan, digelar di beberapa tempat. Di antaranya Lomba OSN dan Pasanggiri di SMPN 2 Depok, Lomba FLS2N di SDN 4,5,6, dan 7 Beji, serta Lomba Keterampilan Agama di SDN 21 Mekarjaya. Untuk lomba O2SN yang memiliki beberapa cabang lomba, juga dilaksanakan di beberapa tempat antara lain di SD Al Azhar, Kolam Renang Bumi Wiyata, Lapangan Tirtasari Depok Timur, Balai Bangau Pancoran Mas, Depok Mall Margonda, SMP 1 Depok, dan GOR KONI.

“Masing-masing juara dari berbagai mata lomba akan kita bina untuk mengikuti lomba di level provinsi. Maka dari itu, kita ingin kegiatan ini diselesaikan akhir Maret, agar kita punya cukup waktu untuk melakukan pembinaan,” tandas Thamrin. (Heri)

 611 total views

LEAVE A REPLY