Program Green to School dari Sekber Sahabat Ciliwung

0
559

www.depoktren.com–Sekretariat Bersama (Sekber) Sahabat Ciliwung tidak hanya fokus menata kawasan sungai saja. Keasrian lingkungan pendidikan dengan program green to school, juga jadi perhatiannya dalam menggerakkan partisipasi pelajar untuk peduli lingkungan.

“Green to school ini, sebenarnya konsep yang sudah lama dicetuskan Yayasan Sahabat Ciliwung. Namun, baru dilaksanakan saat ini. Alhamdulillah, konsep kami ditangkap dan diterima oleh Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Kota Depok sebagai penguatan sosialisasi ke masyarakat, juga dengan menggerakkan komunitas dan rekan-rekan di luar dinas,” ujar Koordinator Sekber Sahabat Ciliwung, Hidayat Al Ramdani, Jumat (16/3/2018).

Adapun kegiatan yang dilakukan oleh volunter green to school antara lain, memberikan edukasi kepada siswa terkait pelestarian lingkungan dan bagaimana cara menjaganya. Selain itu, pihaknya juga mengadakan praktik langsung pemilahan sampah dan pembibitan, serta hiburan dengan aneka permainan.

“Saat ini kami memiliki 10 orang yang aktif dalam kegiatan lingkungan. Kami tidak berjalan sendiri, melainkan juga didampingi oleh pihak DLHK dalam memberikan sosialisasi ke-24 sekolah yang sudah terjadwal, baik SD negeri, SMP negeri dan SMA negeri,”.jelasnya.

Hidayat berharap, melalui aksi nyata ini, mampu menciptakan budaya cinta lingkungan yang diawali dari lingkungan sekolah. Adapun sekolah yang telah mendapat sosialisasi antara lain SDN Anyelir 1, SDN Mampang 1, SMPN 1 Depok, SMPN 9 Depok, SMAN 1 Depok, SMAN 5 Depok dan lain-lain.

“Kegiatan ini mendapat perhatian dari pihak sekolah, bahkan banyak sekolah lain yang juga ingin didatangi oleh volunter green to school dan mengajukan ke DLHK. Mudah-mudahan kegiatan ini membawa manfaat besar bagi masyarakat, khususnya lingkungan,” pungkas Hidayat. (Aris)

 559 total views

LEAVE A REPLY