Subuh Berjemaah, Bahas Keutamaan Hari Jumat

0
363

www.depoktren.com–Gerakan Subuh Berjemaah kembali digelar Pemkot Depok. Wali Kota Depok Mohammad Idris memberikan tausiah kepada para Aparatur Sipil Negara (ASN) Kota Depok dengan membahas keutamaan hari Jumat berdasarkan ilmu Fikih.

Idris mengatakan, satu-satunya hari yang Allah abadikan menjadi nama surat di dalam Alquran adalah hari Jumat. Penjelasan itu, terdapat dalam Surat Aljumuah surat ke-62. Hal ini menandakan, imbuhnya, ada pengkhususan yang ingin Allah tunjukkan tentang keutamaan hari Jumat.

“Umat Muslim memiliki hari raya setiap pekannya, yaitu hari Jumat. Pada hari ini, semua orang beriman diwajibkan untuk menunaikan Salat Jumat secara berjemaah,” katanya, menyitir Surat Aljumuah: 9, di hadapan para jemaah yang memadati Masjid Balaikota, Jumat (23/3/2018).

Menurut Idris, ada beberapa kondisi yang menjadikan umat Muslim mendapat keringanan dari Allah SWT. Yaitu ketika sakit atau sedang dalam perjalanan jauh. Selain itu, katanya, keringanan juga diberikan jika waktu Salat Jumat bertepatan dengan Hari Raya Idulfitri dan Iduladha.

Pada kesempatan itu, Mohammad Idris juga menambahkan penjelasan beberapa persoalan tentang Salat Jumat di masyarakat. Misalkan apabila masbuk saat Salat Jumat atau saat berpergian (musafir).

Menurutnya, apabila saat masuk mendapati imam masih ruku, maka jemaah mendapatkan satu rakaat dan setelah selesai wajib menyelesaikan sisa satu rakaat. Namun ketika imam sudah berdiri dari ruku (iktidal), imbuhnya, orang yang masbuk tersebut harus melengkapinya dengan Salat Zuhur. Sementara bagi musafir, diperbolehkan untuk tidak Salat Jumat, namun dilakukan setelah orang lain melakukan Salat Jumat.

“Dengan penjelasan ini, diharapkan memberikan tambahan wawasan bagi ASN, khususnya untuk mereka yang dinas ke luar daerah, yang kebetulan dilakukan pada hari Jumat,” pungkasnya. (Aris)

 363 total views

LEAVE A REPLY