Hasil Pilkada Serentak akan Pengaruhi Elektabilitas Jokowi

0
318

www.depoktren.com–Hasil Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak 2018 akan mempengaruhi elektabilitas Joko Widodo (Jokowi) pada Pemilihan Presiden (Pilpres) 2019.

Pilkada serentak tahun ini diselenggarakan di 117 daerah, termasuk tiga daerah dengan pemilih terbanyak pada pemilihan umum (Pemilu), yakni Jawa Barat, Jawa Timur, dan Jawa Tengah.

“Semua itu masih bisa terjadi. Hari ini elektabilitas Jokowi masih 35 sampai 45 persen di beberapa hasil survey. Akan tetapi, saya rasa masih bergantung pada Pilkada 2018 ini. Apakah Jokowi bisa kalah? Saya rasa bisa ya, tidak ada yang selalu menang,” kata Pengamat politik dari Lembaga Survey Kelompok Diskusi dan Kajian Opini Publik Indonesia (KedaiKOPI), Hendri B Satrio, kepada Republika, Sabtu (24/3/2018).

Dia menjelaskan Pilkada 2018 ini sangat spesial karena Jabar, Jateng, dan Jatim, mengikuti pesta demokrasi ini. Ketiga wilayah ini cukup menentukan kemana nanti arah koalisi para partai ini.

Pilkada serentak 2018 akan kembali menjadi pertarungan Jokowi dan PDI Perjuangan dengan Prabowo Subianto bersama Partai Gerindra. (Supri)

 318 total views

LEAVE A REPLY