Kemenhub Buka Pendaftaran Mudik Gratis 2018

0
352

www.depoktren.com– Kementerian Perhubungan (Kemenhub) membuka pendaftaran mudik gratis untuk Hari Raya Idul Fitri 2018 pada Minggu (25/3/2018).

Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kemenhub Budi Setiyadi mengatakan, mudik gratis juga dibuka bagi pengendara sepeda motor yang ingin mudik ke kampung halaman.

Dia mengatakan, mudik gratis dilakukan untuk mewujudkan lalu lintas yang selamat, aman, dan lancar pada masa angkutan Lebaran tahun ini. “Khususnya dalam penyediaan jasa angkutan yang aman, selamat, tertib, nyaman dan murah,” ujar Budi saat membuka pendaftaran mudik gratis di Stasiun Jakarta Kota.

Moda yang disediakan untuk angkutan orang pada mudik gratis tahun disediakan 1.130 bus. Selain itu, Kemenhub juga menyediakan 70 truk untuk mengangkut sepeda motor pada musim mudik tahun ini.

“Untuk kapasitasnya atau kuotanya, moda transportasi yang disediakan itu bisa mengangkut sekitar 50 ribu orang dan 3.200 motor,” jelas Budi.

Dipastikan Budi, Kemenhub akan memperluas titik tujuan, tidak hanya terfokus pada Pulau Jawa. Tetapi, kata dia, rute tujuan mudik juga akan ke luar Pulau Jawa agar lebih bermanfaat bagi penumpang.

Lokasi tujuan mudik gratis tanpa sepeda motor tahun ini meliputi 32 kabupaten atau kota di Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Lampung, dan Sumatra Barat. kata Dirjen Budi. Sementara, untuk mudik dengan sepeda motor meliputi sembilan kabupaten atau kota yaitu Tegal, Semarang, Solo, Wonogiri, Yogyakarta, Magelang, Wonosobo, Kebumen, dan Purwokerto.

Bagi masyarakat yang berminat mengikuti program mudik gratis tersebut dapat mendaftar secara daring melalui laman resmi mudikgratis.dephub.go.id. “Atau dapat mendaftar langsung di kantor pusat Kemenhub Jakarta, kantor Dishub Kota Bogor, kantor Dishub Kota Depok, kantor Dishub Kabupaten Tangerang, dan Dishub Kabupaten Bekasi,” pungkas Budi. (Aris)

 352 total views

LEAVE A REPLY