Tahun ini, DPUPR Depok akan Beton 1.251 Jalan Lingkungan 

0
434

www.depoktren.com–Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR), Pemerintah Kota (Pemkot) Depok pada anggaran pendapatan dan belanja daerah (APBD) 2018 akan melakukan betonisasi 1.251 jalan lingkungan (Jaling). Betonisasi dilakukan di tiga unit pelaksanaan teknis (UPT) Jalan lingkungan Dinas PUPR Depok.

“Ini dilakukan sebagai upaya peningkatan fasilitas jalan,” kata Sekretaris Dinas PUPR Depok, Supomo di Balaikota Depok, Rabu (28/3/2018).

Supomo mengatakan pekerjaan yang ditangani UPT Jaling I, II, dan III berkaitan dengan jalan lingkungan dan drainase yang rencana pengerjaan dilakukan pada Mei 2018. 

“Saat ini proyeknya masih dalam proses supervisi. Diharapkan April 2018 bisa masuk pada tahapan pengadaan dan jasa kontruksi,” terangnya.

Menurut Supomo, setelah supervisi selesai dan lelang dilakukan, setelah itu dilakukan proses pengerjaan 1.251 proyek betonisasi jaling di seluruh wilayah Kota Depok.

“Diprediksi lelang dilakukan April Pelaksanaan pekerjaan proyek betonisasi akan dilakukan Mei. Diharapkan usai lebaran proyek betonisasi jalan lingkungan di 1.251 titik jalan sudah selesai,” tuturnya.

Supomo mengutarakan, ketiga UPT yang melakukan pengerjaan jalan lingkungan yakni UPT Jaling I ada sebanyak 344 ruas jalan lingkungan yang di beton, UPT Jaling II ada sebanyak 433 ruas jalan lingkungan yang di beton dan UPT III ada sebanyak 473 ruas jalan lingkungan yang di beton. ‎

“Betoniasi 1.250 jalan lingkungan tersebut akan memakan anggaran sekitar Rp 386 miliar,” jelasnya.

Supomo mengungkapkan, untuk realisasi pembangunan jaling dan drainase di 2017, mencapai 84,82 persen, dengan menelan anggaran sebesar Rp 383 miliar.

“Hampir setiap tahun, kami melakukan perawatan jalan milik Kota Depok sepanjang 1.000 kilometer, sedangkan, untuk jalan milik nasional dilakukan perawatan sepanjang 41 kilometer, dan melakukan perawatan jalan milik Pemerintah Provinsi Jawa Barat (Jabar) sepanjang 11 kilometer,” ungkapnya.

Supomo menegaskan, perbaikan jalan lingkungan, bisa dalam bentuk pengaspalan, betonisasi, dan paving block. “Pekerjaan jalan lingkungan ini variatif besaran pagu anggarannya, kisarannya antara Rp 30 juta hingga Rp 40juta. Kalau pengerjaan diatas Rp 200 juta itu dilelang,” terangnya.

Kepala UPT Jalan Lingkungan II, Arga DT menyebutkan, akan mengerjakan 262 titik di empat kecamatan, antara lain, di Kecamatan Beji ada 48 titik jalan, di Kecamatan Sukmajaya ada 90 titik jalan, di Kecamatan Pancoranmas ada 84 titik jalan, dan di Kecamatan Cipayung ada 48 titik jalan. “Direncanakan akan dikerjakan pada April 2018,” kata Arga.

Kepala Dinas PUPR Depok, Manto menambahkan, pihaknya akan fokus pada pengembangan Depok di wilayah barat pada 2019 yakni dengan melakukan perbaikan pendestarian di Jalan Raya Ciputat atau Bojongsari. “”Pembiayaan nanti dari pusat, kita tata semaksimal mungkin pedestrian di Depok,” pungkasnya. (Heri)

 434 total views

LEAVE A REPLY