Ada Layanan Keliling Pembuatan Akta Kelahiran

0
336

www.depoktren.com–Untuk meningkatkan kepemilikan akta kelahiran, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Depok akan melaksanakan pelayanan keliling satu hari (one day service) pembuatan akta kelahiran di sejumlah Kelurahan.

Pelayanan akta kelahiran keliling tersebut dikhususkan bagi anak usia 0-18 tahun.

“Jadi, kelurahan yang terpilih adalah wilayah yang cakupan kepemilikan akta kelahiran masih sedikit. Karena itu kami ingin mewujudkan kelurahan sadar administrasi kependudukan,” ujar Kepala Disdukcapil Kota Depok, Misbahul Munir, Sabtu (31/3/2018).

Menurut Munir, pelayanan akta kelahiran keliling di sejumlah kelurahan tersebut telah dimulai di Kelurahan Mekarjaya pada 28 Maret 2018 lalu dan dilanjutkan pada 11 April 2018.

“Silahkan warga setempat datang ke kantor kelurahan sesuai tanggal yang sudah ditetapkan dengan membawa persyarakat pembuatan akta kelahiran. Syaratnya antara lain buku nikah, kartu keluarga, dan KTP. Dimana untuk pembuatan akta kelahiran tidak dipungut biaya atau gratis,” terangnya.

Munir berharap, dengan adanya program pelayanan dari Disdukcapil Depok, maka bisa memudahkan warga dalam membuat akta kelahiran. Pihaknya menargetkan kepemilikan akta kelahiran di setiap kelurahan mencapai 100 persen hingga akhir 2018.

“Kami juga mengimbau kepada warga yang memiliki anak usia 0-18 tahun yang belum memiliki akta kelahiran agar segera diurus karena saat ini pembuatan akta kelahiran lebih mudah, lebih cepat, dan gratis,” pungkas Munir. (Heri)

 336 total views

LEAVE A REPLY