Wali Kota Depok Rapat Kerja BKSP Jabodetabekjur di Balai Kota DKI Jakarta

0
436

www.depoktren.com–Wali Kota Depok, Mohammad Idris menghadiri rapat kerja yang digelar Badan Kerja Sama Pembangunan (BKSP) Jabodetabekjur di Balai Kota DKI Jakarta.

Dalam rapat tersebut, Idris mengusulkan sejumlah program kerja strategis seputar pemecahan masalah banjir, macet dan sampah di Kota Depok.

“Depok termasuk penyanggah Ibu Kota Jakarta. Untuk mengatasi banjir, Depok memiliki 23 situ yang bisa dijadikan resapan air namun memang kewenangan situ berada di pusat,” ujar Idris, usai rapat kerja BKSP Jabodetabekjur.

Menurut Idris, sejumlah situ yang ada diperbatasan Jakarta, diharapkan bisa mendapat perhatian lebih agar dapat terus  mempertahankan fungsinya sebagai resapan air. Situ tersebut antara lain Situ Rawa Besar, Situ Pladen dan Situ Pengalengan. Kemudian, situ yang berbatasan dengan Tangerang Selatan yaitu Situ Sawangan dan Situ Bojongsari.

“Kota Depok juga dilalui Sungai Ciliwung, tentu aliran airnya akan langsung ke Jakarta. Karena itu, mungkin saja permasalahan banjir bisa diatasi dengan dibuatkan bendungan atau pintu air di Depok,” jelasnya.

Idris mengatakan, terkait masalah  kemacetan, pihaknya juga berharap adanya pelebaran jalan di Kota Depok sebagai solusi dari kemacetan. Seperti di perbatasan Depok-Jakarta di flyover Universitas Indonesia dan Jalan Raya Cinere yang berbatasan dengan Jakarta Selatan dan Tangerang Selatan.

Sedangkan terkait sampah, Idris menambahkan, Depok telah mendapatkan jatah pembuangan sampah sebanyak 200 ton per hari di Nambo, kawasan Gunung Leutik di Kabupaten Bogor. Untuk itu, pihaknya ingin permasalahan aset pemerintah pusat yang ada di daerah dapat diselesaikan bersama BKSP Jabodetabekjur. (Herry)

 436 total views

LEAVE A REPLY