Pradi Hadiri Rapat Apeksi di Yogjakarta

0
465

www.depoktren.com–Wakil Walikota Depok, Pradi Supriatna menghadiri rapat kerja komisariat wilayah III Apeksi tahun 2018 di Yogjakarta, Kamis (19/4/2018).

Rapat Apeksi berlangsung sejak 18-20 April 2018 itu dihadiri perwakilan dari 25 kota yang terdiri dari 17 Wali Kota dan 6 lainnya diwakili oleh Wakil Wali Kota maupun Sekda.

Apeksi bertujuan untuk mewadahi kebijakan yang terkadang dari Pemerintah Pusat sendiri tidak menangkap kebijakan dari Pemerintah Kota.

Menurut Kabag Perekonomian Pengembangan Pendapatan Asli Daerah dan Kerjasama Pernerintah Yogjakarta, Danang Soebagjono, berdasarkan rekomendasi Pra-Raker Komwil III Apeksi telah merumuskan rekomendasi internal dan eksternal.

Adapun rekomendasi internal yakni meminta seluruh anggota Komwil III untuk hadir sebagai peserta pada pelaksanaan Rakernas Apeksi di Tarakan pada bulan Juli 2018.

“Selain itu juga mendorong peran serta aktif seluruh anggota Komwil III untuk saling berbagi, berkolaborasi dan bersinergi serta hadir secara aktif dalam kegiatan yang diselenggarakan oleh Apeksi Pusat maupun Komwil III,” jelas Danang dalam jumpa pers.

Selanjutnya terkait rekomendasi eksternal yakni mendorong pemerintah pusat untuk memfasilitasi peningkatan kapasitas teknis kerjasama antar pemerintah daerah, mendorong pemerintah pusat untuk penguatan kelembagaan dan penegasan peran inspektorat sebagai lembaga APIP di daerah, dan mendorong Apeksi Pusat mengadvokasi kepentingan pemerintah kota yang dilaksanakan oleh DPR RI.

“Juga agar mendorong pemerintah pusat untuk meninjau kembali UU 5/2014 tentang ASN terutama untuk evaluasi di bidang lelang jabatan. Mendorong pemerintah pusat untuk melakukan tranformasi digital di bidang ekonomi daerah,” tutur Danang. (Yusuf)

 465 total views

LEAVE A REPLY