Antisipasi Pohon Tumbang, DLHK Depok Rutin Cek Pohon

0
585

www.depoktren.com–Cuaca yang tak menentu dan tak dapat diprediksi, terutama saat hujan yang disertai angin kencang yang kerap terjadi di Kota Depok, membuat Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan  (DLHK) Depok mewaspadai rawannya pohon tumbang. 

“Kami antisipasi dengan rutin melakukan pengecekan kondisi pohon, terutama sebanyak 2.305 pohon yang berada di sisi jalan utama di Kota Depok,” ujar Sekretaris DLHK Depok, M Ridwan, di Depok, Selasa (24/4/2018).

Menurut Ridwan, pengecekan kesehatan pohon dilihat dari ranting pohon dan kondisi tanah. Pohon yang banyak rantingnya tidak bagus dan cukup bahaya jika rubuh. “Kami bisa memprediksi dari ranting pohon. Kalau pohon rawan tumbang itu bisa diprediksi dengan mengunakan alat,” terangnya.

Dijelaskan Ridwan, alat memprediksi pohon rawan tumbang ini bisa mengukur berbagai faktor dari segi pohon. Pihaknya, bisa melakukan itu dengan bekerjasama dengan pihak IPB. “Namun untuk mendekteksi pohon rawan tumbang satu pohon memakan biaya Rp 2 juta. Kalau untuk merawat pohon dan mendeteksi dengan jumlah pohon di Depok ada 2.305 cukup besar biaya untuk perawatan pohon di Depok,” tuturnya.

Jumlah pohon berdasarkan data di DLHK Depok khusus di ruas jalan raya. Seperti di Jalan Bahagia ada 54 pohon, Jalan Proklamasi 659 pohon, Jalan Merdeka 334 pohon, Jalan Juanda 426 pohon, Jalan Margonda 310 pohon, Jalan Tanah Baru 356 pohon, dan Jalan Kelapa Dua 126 pohon. 

“Totalnya ada 2.305 pohon. 61 pohon mengalami kerusakan dan pohon yang mati ada 18 pohon dari jumlah pohon di jalan protokol Depok,” ungkap Ridwan. (Aris/Herry Setiawan)

 585 total views

LEAVE A REPLY