Dipermudah, Warga Depok Bisa Bayar Iuran BPJS Kesehatan Melalui Autodebet

0
613

www.depoktren.com–Warga Depok peserta Jaminan Kesehatan Nasional–Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) kini dapat melakukan pembayaran autodebet untuk pembayaran iuran.

“BPJS Kesehatan telah menjalin kerja sama dengan sejumlah bank untuk menyediakan fasilitas autodebet bagi peserta JKN-KIS,” ujar Kepala BPJS Kesehatan Cabang Depok, Maya Febriyanti, Selasa (24/4/2018).

Maya mengatakan, upaya meningkatkan pelayanan tersebut untuk menjawab masyarakat yang sering terkendala membayar iuran JKN-KIS khususnya Peserta Bukan Penerima Upah (PBPU). Untuk Kota Depok, layanan tersebut berlaku sejak Februari 2018. Saat ini pihaknya sedang mengajukan 2.263 peserta untuk layanan autodebet.

“Ada sebagian peserta yang ingin membayar iuran namun saat tanggal pembayaran ternyata lupa, sehingga menjadi menunggak dan status kepesertaannya tidak aktif. Melalui sistem autodebet kini tidak perlu khawatir lupa karena bank akan secara otomatis menarik tagihan iuran JKN-KIS dari rekening peserta,” tuturnya.

Menurut Maya, untuk mekanisme, peserta JKN-KIS cukup datang ke bank yang bekerja sama dan mengisi formulir kesediaan membayar iuran melalui autodebet. Bahkan, per 1 Mei 2018, BPJS Kesehatan juga memberlakukan kewajiban bagi peserta PBPU/mandiri khususnya kelas satu dan dua untuk melakukan pembayaran iuran dengan metode autodebet.

“Mekanisme pembayaran iuran melalui autodebet sangat mudah. Untuk peserta yang saat ini sudah terdaftar di kelas satu dan dua dan masih belum menggunakan metode autodebet, bisa langsung ke bank untuk mendaftar. Selain itu autodebet juga bisa dilakukan di kantor cabang BPJS Kesehatan,” papar Maya. (Herry Setiawan)

 613 total views

LEAVE A REPLY