Meriahnya Parade Budaya dan Makan Kuliner Gratis di Balaikota Depok

0
416

www.depoktren.com–Ribuan warga Depok menyambut antusias Parade Depok Festival dan Festival Kuliner Gratis dalam memeriahkan HUT Kota Depok ke 19 di Balaikota Depok, Sabtu (28/4/2018).

Ada yang menarik saat parade budaya yakni arak-arakan makanan khas Betawi yakni Ongol-ongol yang memiliki panjang 19 meter, lebar 40cm dan tinggi 5cm.

“Antusias masyarakat di lingkungan kami ini luar biasa untuk memeriahkan HUT Depok. Mereka ingin mempersembahkan kado special untuk ulang tahun Kota Depok namun tidak melupakan makanan tradisional berupa Ongol-ongol,” ujar Firmansyah, Ketua RT 04/11 Kelurahan Sawangan, Kecamatan Sawangan, Depok.

Firmansyah mengatakan, hampir 60 orang warga terlibat dalam pembuatan Ongol-ongol tersebut. Pembuatan Ongol-ongol dimulai sejak Jumat sore hingga Sabtu dinihari.

Firman mengatakan, untuk membuat Ongol-ongol terpanjang dalam sejarah di Kota Depok itu menghabiskan Sagu Aren 200kg, Gula Merah 120kg, Gula Putih 120kg, Kelapa 200 buah, Garam 1 bal, Daun Pandan 40 ikat dan Daun Pisang 200 pelepah.

“Ini semua swadaya masyarakat. Kalau ditotal menghabiskan dana Rp 13-14 juta,” ungkapnya didampingi salah seorang warganya, Kodir.

Ketua RT 03/11, Endi Gunawan mengapresiasi kekompakkan warga dalam membuat Ongol-ongol yang diikutsertakan dalam Karnaval Budaya.

“Kekompakkan dan keguyuban masyarakat patut diparesiasi. Mereka sangat senang dan antusias untuk ikut memeriahkan HUT Kota Depok,” pungkasnya. (Herry Setiawan)

 416 total views

LEAVE A REPLY