Sebanyak 30 Pendampingan ODHA Diberi Pelatihan Konseling 

0
494

www.depoktren.com–Dinas Sosial (Dinsos) Kota Depok sangat intensif melakukan pendampingan bagi para Orang Dengan HIV/AIDS (ODHA), termasuk menambah kompetensi pendamping tersebut, agar menjadi konselor yang mumpuni.

Kepala Seksi Pemberdayaan Sosial Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial Dinsos Kota Depok, Ermanila mengatakan, pihaknya ingin menambah ilmu bagi para pendamping ODHA di Kota Depok. Untuk seluruh Depok sendiri, kata Ermanila, Dinsos sudah memiliki 33 orang pendamping ODHA.

“Untuk setiap kecamatan berbeda-beda jumlah pendamping ODHA-nya, karena tergantung luas wilayah dan banyaknya yang kena HIV/AIDS,” ujar Ermanila, usai menghadiri kegiatan bimbingan konseling bagi pendamping ODHA yang diselenggarakan Dinsos Kota Depok di Wisma Hijau, Cimanggis, Depok, Sabtu (28/4/2018).

Ermanila mengatakan, dengan pelatihan selama tiga hari ini, para pendamping ODHA diminta dapat mendekatkan diri kepada masyarakat untuk lebih mempermudah dalam mengubah stigma negatif terhadap ODHA. Dia juga mengimbau kepada seluruh masyarakat maupun lembaga terkait untuk lebih peduli dan memperhatikan segala hal yang berhubungan dengan HIV/AIDS, demi menyelamatkan generasi bangsa.

“Para pendamping ini memiliki tugas edukasi, konseling, dan penguatan para ODHA. Sehingga ODHA ini bisa mandiri dan menjadi motor penggerak dalam sosialisasi ke masyarakat. HIV ini bisa dicegah dan ada upaya agar tidak tertular,” tuturnya. (Herry Setiawan)

 494 total views

LEAVE A REPLY