Pradi Berserta Belasan Orangtua Ingin Adopsi Bayi yang Ditemukan di Pancoran Mas

0
482

www.depoktren.com–Wakil Walikota Depok, Pradi Supriatna berserta belasan Calon Orangtua Angkat (COTA) ingin mengadopsi bayi yang ditemukan di dalam kardus di kawasan Pancoran Mas, Depok. “Saya senang dengan anak-anak, jika diperkenankan saya siap mengasuh bayi yang dibuang ibunya itu,” kata Pradi, Kamis (3/5/2018).

Para orang tua mendatangi kantor Dinas Sosial (Dinsos) Kota Depok pada Kamis (03/05). Mereka mendatangi Dinsos untuk mengetahui prosedur mengadopsi bayi laki-laki yang ditemukan di sekitar Jalan Gurame 9, Kelurahan Depok Jaya, Kecamatan Pancoran Mas, Rabu (2/5/2018) kemarin.

“Sudah banyak calon orangtua angkat yang datang. Mereka sekitar 13 COTA namun belum membawa berkas baru sekedar menanyakan,” ujar Kepala Bidang Rehabilitasi Sosial, Dinsos Kota Depok, Nita Ita Hernita, Kamis (3/5/2018).

Menurut Nita, pihaknya menerima semua COTA yang datang dan berniat untuk mengadopsi bayi dengan berat 2,8 kilogram. Untuk melengkapi prosedur administrasi, lanjut Nita, dirinya memberikan informasi dan memberikan persyaratan yang harus dipenuhi COTA.

Sementara itu, Kepala Seksi Rehabilitasi Tuna Sosial, Dinsos Depok, Esrom Amung Waang menjelaskan, setiap COTA yang ingin mengurus pengangkatan anak harus melengkapi persyaratan yang telah ditetapkan oleh pemerintah. Tentu sesuai dengan Peraturan Pemerintah Nomor 54 Tahun 2007 tentang Pelaksanaan Pengangkatan Anak.

“Ada banyak persyaratan yang mesti dipenuhi oleh calon orangtua angkat. Karena inti dari adopsi adalah untuk yang terbaik bagi anak. Jangan sampai adopsi itu malah menjadi awal keburukan bagi anak. Misalnya anak malah ditelantarkan nantinya,” tegasnya Waang, sapaan akrabnya.

Syarat utama yang harus dipenuhi COTA dalam pengangkatan anak yaitu berusia minimal 30 tahun dan maksimal 55 tahun saat mengajukan permohonan pengangkatan anak. Selain itu, mereka juga berstatus menikah sah selama minimal lima tahun.

Kemudian, saat mengajukan permohonan, calon orangtua angkat belum memiliki anak atau hanya memiliki satu orang anak.

“Berbagai persyaratan harus dipenuhi, kemudian yang terpenting dan paling utama, COTA harus berusia minimal 30 tahun dan menikah sah selama lima tahun,” jelas Waang.

Dia menambahkan, dalam proses pengangkatan anak tersebut memerlukan waktu minimal 4 bulan dan maksimal 6 bulan hingga sah menjadi anak angkat. Selain juga dengan memperoleh surat penetapan dari Pengadilan Agama. (Herry S)

 482 total views

LEAVE A REPLY