Wali Kota Depok Ajak Maknai Ayat Puasa

0
375

www.depoktren.com–Wali Kota Depok Mohammad Idris kembali memberikan siraman rohani kepada para Aparatur Sipil Negara (ASN) usai mengelar sholat subuh berjemaah di Masjid Balai Kota Depok, Jumat (4/5/2018).

Dalam tausiahnya, Idris mengajak umat Islam untuk menyemarakkan bulan Ramadhan dengan memaknai ayat-ayat puasa dengan memulai penjelasan mengutip Surat Albaqarah: 183-187 yakni minimal ada lima makna yang terkandung dari ayat-ayat tersebut, dan diharapkan setelah mengetahui maknanya, dapat menambah keimanan kepada Allah SWT.

“Makna pertama, memperkuat komitmen sebagai muslim, yang terikat oleh dua kalimat syahadat dan terlibat dalam pelaksanaan syariat-Nya. Dalam ayat ini, status kemukminan kita dipertegas,” ujar Idris.

Menurut Idris, makna kedua adalah revitalisasi atau menyemangatkan kembali ibadah ritual kepada Allah SWT dengan berbagai keutamaan dan tambahan pahala di bulan Ramadhan, menjadi momentum untuk memperbaiki amal ibadah.

“Ketiga, meningkatkan kedekatan kita kepada Allah SWT dengan berbagai ibadah yang dilakukan itu, kita berharap bisa lebih dekat dengan Allah SWT,” urai Idris.

Diutarakan Idris, ayat puasa itu juga mengandung makna akhlak dalam menahan diri dari hawa nafsu. Dalam konteks puasa, bisa bermakna menahan dari sesuatu yang dihalalkan sebelum berbuka. Makna terakhir, imbuhnya, adalah meningkatkan kebersamaan sesama Muslim.

“Semoga dengan tambahan ilmu ini, kita bisa mempersiapkan dan menjalani Ramadhan yang penuh berkah dengan baik,” pungkas Idris. (Herry S)

 375 total views

LEAVE A REPLY