Dinkes Depok Ingatkan Masyarakat Cegah Chikungunya

0
643

www.depoktren.com–Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Depok mengingatkan masyarakat untuk menjaga kebersihan untuk memberantas jentik nyamuk yang dapat menimbulkan virus chikungunya. Upaya menjaga kebersihan itu dapat dilakukan dengan menerapkan sistem 3M (Menguras, Menutup, dan Mengubur) Plus.

“Penyakit ini disebabkan oleh nyamuk, sehingga untuk memberantasnya masyarakat dapat menerapkan 3M Plus agar lingkungan sekitar tetap terjaga,” tutur Sekretaris Dinkes Kota Depok Rani Martina, kepada, Rabu (10/4/2019).

Dia menjelaskan, chikungunya merupakan penyakit menular yang disebabkan oleh virus melalui nyamuk Aedes Aegypti. Penyakit ini bersifat self limiting diseases yang berarti dapat sembuh sendiri.

“Chikungunya dapat sembuh sendiri dan tidak menyebabkan kematian karena terdapat imunitas di dalam tubuh penderita,” jelas dia.

Rani menambahkan, penyakit ini biasanya sembuh dalam tujuh hari. Untuk pengobatannya, dapat dilakukan dengan istirahat yang cukup, mengonsumsi obat demam, serta mengantisipasi terhadap kejang-kejang.

“Penderita chikungunya hanya menjalani terapi simptomatis untuk pengobatannya. Terapi itu merupakan obat penghilang rasa sakit atau demam,” pungkasnya. (Papi Ipul)

 642 total views

LEAVE A REPLY