DKUM Depok Bina Intensif Pelaku Wirausaha

0
91

www.depoktren.com–Program pembinaan intensif yang dilakukan Dinas Koperasi dan Usaha Mikro (DKUM) Kota Depok kepada para pelaku wirausaha berbuah positif. Bukan hanya meningkatkan pendapatan, namun juga berimbas pada menambahnya pangsa pasar penjualan produknya.

Seperti yang dirasakan pelaku wirausaha Imun Maemunah (34 tahun) yang konsen berjualan mukena. Melalui brand Syaqeela yang dikembangkannya, saat ini omzetnya mencapai lebih dari Rp 15 juta per bulan.

“Sangat terasa sekali perbedaannya. Sebelum mengikuti pembinaan, produk yang terjual tidak lebih lima mukena dalam sebulan. Tetapi setelah dibina oleh DKUM Depok, sebulan bisa lebih dari 20 mukena laku terjual,” ujar Imun, Sabtu (18/5).

Selain itu, lanjut Imun, dengan tawaran yang terus berdatangan, dirinya kemudian memperkerjakan dua karyawan lainnya untuk mengakomodir banyaknya pemesanan. Termasuk menambah peralatan dua mesin jahit dan satu mesin obras.

Namun yang juga warga Kecamatan Sawangan ini menuturkan, dirinya sudah merintis bisnis mukena sejak tahun 2015. Setahun berikutnya, dirinya menjalin komunikasi dengan DKUM Depok, dan mulai mengikuti Pelatihan Wirausaha Baru (WUB).

“Berbagai pelatihan dari DKUM coba saya ikuti. Misalkan pelatihan kemasan produk, marketing online, dan manajemen keuangan,” jelasnya.

Menurut Imun, pihaknya sangat memperhatikan kualitas produknya. Karena itu, pihak DKUM Depok pernah membawa mukena Syaqeela ke berbagai kegiatan nasional. Misalkan pameran di Kota Makasar, Batam, dan Manado. Dengan demikian, pangsa pasar produknya pun semakin luas lagi.

Imun menambahkan, untuk produk mukena yang dijual mulai dari ukuran anak-anak hingga dewasa. Satu produknya dijual dari Rp 225 ribu hingga Rp 350 ribu.

“Saya selalu menggunakan kain katun impor, karena memiliki kualitas yang bagus dan tidak mudah luntur. Selain itu, saya berani berkreasi dengan kombinasi berbagai motif salur atau polkadot. Jadinya masing-masing produk beragam,” pungkas dia. (Siska Thresia)

91 total views, 1 views today

LEAVE A REPLY