Bulog Serap Cabai Petani di Wilayah Sentra untuk Jaga Stabilisasi Harga

0
436

www.depoktren.com–Kepala Bagian Informasi dan Humas Perum Bulog Tomi Wijaya mengatakan, saat ini Bulog sudah melakukan penyerapan cabai petani di wilayah-wilayah sentra produksi. Adapun total cabai yang telah terserap, belum dapat diakumulatifkan karena masih berlangsung.

Sebagai lembaga yang menjaga stabilitas harga dan pasokan, pihaknya menerima instruksi pemerintah untuk mengamankan harga cabai di tingkat petani. Menurut dia, di wilayah-wilayah sentra produksi seperti Jawa Timur dan Jawa Tengah, Bulog membeli cabai petani tidak kurang dari harga yang dianjurkan pemerintah, yakni tidak di bawah Rp 8.000 per kilogram (kg). “Ini langkah antisipasi kami agar harga tidak terlalu jatuh di petani,” kata Tomi, Minggu (16/6/2019).

Dia menjelaskan, meski instruksi penyerapan cabai sudah dilaksanakan, pihaknya memastikan Bulog hanya dapat melakukan tugas sesuai dengan adanya penugasan resmi. Sedangkan berdasarkan Instruksi Presiden (Inpres) Nomor 5 Tahun 2015 disebutkan, penugasan penyerapan oleh Bulog hanya dilakukan untuk komoditas beras..“Cabai kan belum termasuk di dalam Inpres tersebut,” terangnya.

Tomi menambahkan, cabai yang diserap Bulog disimpan ke dalam cold storage yang kerap digunakan untuk menyimpan daging sapi. Menurut dia, cold storage yang digunakan untuk menyimpan daging sapi memiliki fungsi yang sama dalam melakukan penyimpanan terhadap cabai. Sehingga, di wilayah-wilayah sentra produksi dan konsumsi baik itu cabai maupun daging, Bulog telah menambah beberapa cold storage-nya.

Bulog memastikan kapasitas gudang dan cold storage yang dimiliki dapat menampung cabai petani. Asalkan, kata dia, hal tersebut disesuaikan dengan luas dan kapasitas gudang di sejumlah sentra yang ada.

“Salah satu wilayah yang pengadaan penambahan cold storage-nya disetujui itu ada di Provinsi Jambi,” terangnya.

Dengan dipadukannya penyimpanan cabai dengan daging sapi, dia memastikan tidak akan ada perubahan kualitas berarti dari kedua komoditas tersebut. “Perluasan serta pembangunan cold storage oleh Bulog dilakukan sebagai langkah antisipasi kebutuhan daging sapi yang semakin meningkat,” tandas dia. (Siska Thresia)

 436 total views

LEAVE A REPLY