DKPPP Depok akan Salurkan Bantuan Benih Ikan Gratis ke Kelompok Petani

0
83

www.depoktren.com–Dinas Ketahanan Pangan Pertanian dan Perikanan (DKPPP) Kota Depok akan menyalurkan bantuan benih ikan air tawar jika ada kelompok masyarakat tani yang membutuhkan. Hal itu dilakukan untuk memacu pertumbuhan panen ikan.

Saat ini, hasil panen benih ikan air tawar yang melebihi target, membuat ketersediaan stok benih ikan di Balai Benih Ikan (BBI) Kota Depok mencukupi untuk kebutuhan kegiatan budi daya ikan.

“Belum lama ini kita panen benih ikan, khususnya nila dan lele. Dengan stok yang melimpah, kami siap menyalurkan benih ikan jika ada masyarakat yang membutuhkan. Silahkan kirim proposal permintaan,” ujar Kepala BBI Kota Depok, M Nur Hidayat, di Depok, Senin (24/6/2019) lalu.

Menurut Nur, terdapat beberapa syarat yang harus dipenuhi jika ingin meminta benih ke BBI, seperti pengajuan proposal atas nama kelompok pembudidaya atau masyarakat. Syaratnya, satu kelompok minimal 10 orang.

“Harus kelompok dan bukan perorangan. Selain pembudidaya, bisa juga serikat pekerja, kelompok peduli lingkungan, sekolah dan lembaga lain untuk kegiatan-kegiatan lingkungan,” jelasnya.

Dia menambahkan, maksimal pemberian benih sebanyak 10 ribu setiap satu kelompok. Saat ini, BBI memiliki 50 ribu benih ikan nila dan 100 ribu benih ikan lele.

“Jumlah ini akan terus bertambah, mengingat kami sudah melakukan pemijahan kembali terhadap indukan pascapanen kemarin,” tutur Nur. (Papi Ipul)

83 total views, 2 views today

LEAVE A REPLY