Bertema Insya Allah Berqurban, Human Initiative Ajak Berqurban untuk Warga Daerah Konflik

0
503

www.depoktren.com–Lembaga kemanusiaan, Human Initiative mengajak masyarakat untuk berqurban. Penyebaran daging hewan qurban sampai ke daerah konflik seperti Myanmar, Syuriah, Palestina, Afrika, Uganda dan untuk pelosok daerah juga sampai ke NTT maupun Papua. Hal itu dibenarkan oleh President Human Initiative Tomy Hendrajati.

“Berqurban sendiri merupakan bagian dari ibadah umat Islam di Hari Raya Idul Adha. Kita trenyuh bagaimana tidak, saat melihat masih adanya saudara kita yang hanya menikmati daging sapi setahun sekali,” ujar Tomy di Human Initiative Building, Cimanggis, Kota Depok, Rabu (3/7/2019).

Tomy mengungkapkan pihaknya berupaya untuk memfasilitasi umat Islam dalam menyalurkan hewan Qurban ke pelosok Nusantara dan daerah konflik ataupun bencana. Menurutnya, perolehan hewan Qurban tahun 2018 sebanyak 17 ribu-an hewan kurban dengan mayoritas penyumbang sekitar 70 persen dari dalam negeri dan 30 persen dari luar negeri.

“Target kita untuk penerimaan hewan qurban sebanyak 21.800 ekor atau target 20 persen. Dengan jumlah tersebut bisa memberikan daging qurban pada 254.500 jiwa. Untuk di luar negeri didistribusikan pada para pengungsi, krisis kemanusiaan dan lainnya,” paparnya.

Ketua Panitia Qurban Human Initiative, Azi Abdul Azis. Menurutnya, tema tahun ini mengangkat Insyaallah Qurban diharapkan semua lapisan masyarakat bisa beribadah qurban. “Tidak hanya orang kaya saja yang berqurban, tapi orang miskin juga bisa berqurban dengan cara menabung. Sebab, dalam qurban ada nilai berbagi bersama pendidikan, sosial, agama dan lainnya,” jelasnya.

Ia menambahkan, dalam riset penilitiannya terdapat generasi milenial yang sudah berqurban. Pada 2018 sedikitnya 1020 yang melakukan transaksi pembayaran melalui digital baik dalam maupub luar negeri. “Kita menyediakan transaksi pembayaran secara digital dengan harga yang bervariasi,” ucapnya.

Penerima manfaatnya ada di 34
propinsi dan tujuh negara. Sedangkan untuk laporannya bisa secara informasi melalui WA atau SMS. “Harapannya turut serta membantu menyalurkan hewan qurban ke daerah konflik dan bencana. Baik di pelosok negeri atau luar negeri,” pungkasya. (Aan Humaidi)

 503 total views

LEAVE A REPLY