Museum Rasulullah Rencananya akan Dibangun di UIII Depok

0
439

www.depoktren.com–Museum Sejarah Nabi Muhammad SAW rencana akan dibangun di kawasan Universitas Islam Internasional Indonesia (UIII) Depok. Pemerintah Kota (Pemkot) Depok menyambut baik rencana pembangunan museum yang juga sebagai sarana penunjang edukasi dan wisata religi.

“Terus terang belum dapat info, tapi kedepan kalau jadi dilakukan berharap agar dibangun sarana penunjang. Memang kalau untuk wisata, maka bayangan orang akan melihat akses jalan menuju ke lokasi dan lainnya,” ujar Wali Kota Depok Mohammad Idris seusai menghadiri acara lepas sambut Komandan Kodim (Dandim) Kota Depok di Balai Kota Depok, Jumat (9/8/2019).

Idris mengungkapkan, terkait rencana pembangunan museum Rasulullah merupakan kegiatan Strategis Nasional yang berdasarkan aturan dan ketentuan. Meski belum mengetahui secara definitif seperti apa perencanaan maupun teknisnya, jangan sampai menimbulkan masalah baru di Jalan Juanda atau akses menuju tempat tersebut.

“Terkait pembangunan di Jalan Juanda, tentu saat ini kita fokus untuk pelebaran Jalan Sawangan. Dalam RTRW kita mengamanatkan agar adanya pemerataan dalam pembangunan,” tutur Idris.

Sebelumnya, rencana pembangunan Museum Rasulullah merupakan keputusan dari Raja Arab Saudi Salman bin Abdulaziz al-Saud kepada Dewan Masjid Indonesia (DMI). Dipilihnya Indonesia, karena negara dengan penduduk muslim terbesar di dunia.

Museum ini dapat menjadi forum pembelajaran tentang Islam sekaligus objek wisata religi. Museum Rasulullah yang akan dibangun di Indonesia atau di Depok merupakan museum modern yang lengkap dengan sistem digital serta alat peraga yang canggih.

Wakil Presiden Jusuf Kall yang juga Ketua DMI juga berpesan agar Museum Rasulullah yang akan dibangun bisa menyertakan sejarah Islam di Indonesia serta, menjadi destinasi wisata baru di dunia.

Indonesia menjadi negara pertama di luar kawasan jazirah Arab yang akan memiliki Museum Rasulullah. Saat ini, selain di Madinah, Arab Saudi, Museum Rasulullah juga berada di Turki. (Aan Humaidi)

 438 total views

LEAVE A REPLY